Telkomsel siapkan 8 juta kartu SIM 4G hingga akhir tahun 2015

Telkomsel siapkan 8 juta kartu SIM 4G hingga akhir tahun 2015

Techno.id - Telkomsel baru saja meluncurkan layanan berbasis 4G LTE (Long Term Evolution) secara resmi di frekuensi 1800 Mhz untuk pelanggan wilayah Makassar. Semua operator telekomunikasi memang sedang bersuka cita menyambut restu dari pemerintah atas penggunaan frekuensi yang sebelumnya dipakai layanan 2G itu supaya bisa dipakai teknologi yang lebih mutakhir.

Tak hanya menyediakan akses layanan data yang lebih cepat, Telkomsel mengaku terus melakukan edukasi pelanggannya supaya mau beralih ke penggunaan layanan 4G. Operator warna merah' ini pun mengaku sudah menyiapkan sekitar delapan juta kartu SIM khusus 4G hingga akhir tahun 2015.

"Hingga akhir tahun ini kami telah menyiapkan delapan juta kartu SIM 4G untuk pelanggan, kata Yudi C. Anwar, GM Marketing Intelligence Telkomsel di tengah acara "#Ngabuburit4Gue bersama Qualcomm dan LG Mobile di Kawasan SCBD, Jakarta.

Seperti diketahui, Telkomsel baru menggelar layanan berbasis internet cepat ini di enam kota besar, yakni Jakarta, Bandung, Surabaya, Denpasar, dan Medan yang memanfaatkan spektrum 900 MHz. Sementara layanan 4G yang memakai spektrum 1800 MHz baru kota Makassar mulai Senin (6/7/2015).

Meski baru hadir di enam kota, Telkomsel mengaku mengalami pertumbuhan secara terus-menerus dari sisi pelanggan yang memakai layanan 4G. Pertumbuhan itu terjadi saat peluncuran layanan yang memakai teknologi telekomunikasi generasi keempat sejak akhir Desember 2014 lalu.

"Dari 140 juta pelanggan Telkomsel, sekarang baru ada 720 ribu pelanggan yang sudah menggunakan 4G LTE. Sejak launching layanan 4G di 1800 Mhz yang kita lakukan di Makassar, selama tiga hari pertama bertambah 4 ribu," jelas Yudi sewaktu ditemui tim Techno.id.

Yudi juga menyatakan perusahaannya akan terus melakukan ekspansi layanan 4G miliknya ke seluruh Indonesia. Sayangnya, ketika didesak kota mana yang akan segera kebagian layanan berbasis 4G LTE, pihak Telkomsel menolak memberikan komentar secara spesifik.

"Kemungkinan pasti kota-kota yang sudah dilakukan refarming. Semua orang sudah tahu, nanti mungkin Manado yang akan dijadikan kota selanjutnya dari layanan 4G Telkomsel, tutup Yudi.

(brl/red)