Telkomsel klaim sukses atasi lonjakan trafik perayaan tahun baru 2016

Telkomsel klaim sukses atasi lonjakan trafik perayaan tahun baru 2016

Techno.id - Perayaan tahun baru 2016 diprediksi akan mengakibatkan lonjakan lalu lintas layanan telekomunikasi yang disediakan operator. Antisipasi pun telah dilakukan semua operator telekomunikasi demi menghadapi lonjakan lalu lintas layanan yang disediakannya.

Persiapan dan antisipasi yang telah disediakan Telkomsel diakui telah berhasil mengawal dan melayani kebutuhan komunikasi pelanggan selama malam pergantian tahun baru 2015/2016 hingga hari pertama di tahun 2016. Seperti yang telah diperkirakan sebelumnya, trafik layanan data dan SMS mengalami kenaikan paling tinggi secara nasional dibandingkan hari normal di tahun 2015.

Dalam keterangan resminya, Telkomsel memberikan pemaparan secara detil peningkatan layanan telekomunikasi yang terjadi selama proses perayaan tahun baru 2016.

Di sisi layanan data perusahaan ini mencatat kenaikan sebesar 18 persen dibandingkan hari normal di tahun 2015 secara nasional menjadi sekitar 1.970 TeraByte. Sementara layanan SMS mencatat kenaikan lebih dari 20 persen menjadi 1,05 miliar SMS dan layanan suara naik 5 persen menjadi 1,61 milliar menit dibandingkan hari normal di tahun 2015.

"Bagi kami kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi di momen-momen spesial seperti tahun baru amat penting. Maka dari itu sejak awal tim kami telah melakukan persiapan yang matang, agar kualitas terbaik dalam berkomunikasi tetap terjaga dan dapat dinikmati pelanggan," kata Adita Irawati, Vice President Corporate Communication Telkomsel.

Sebelumnya Telkomsel telah melakukan sejumlah peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan di seluruh Indonesia. Pengawalan jaringan dilakukan Telkomsel khususnya terhadap 665 titik keramaian utama atau disebut dengan PoI (Point of Interest) yang tersebar di berbagai lokasi di Indonesia.

Selain didukung lebih dari 100 ribu perangkat base transceiver station (BTS), Telkomsel juga mengerahkan sebanyak 93 Compact Mobile BTS (COMBAT) di lokasi-lokasi wisata yang menjadi pusat keramaian pelanggan pada masa pergantian tahun baru.

Dari sisi layanan anak usaha Telkom Group ini telah menyiagakan 392 Armada Mobile GraPARI dan menjamin ketersediaan produk melalui 2.668 modern channel siaga dan 3.658 outlet siaga, serta didukung pula oleh 73 GraPARI Siaga.

Tak hanya itu, demi mengatasi keluhan dan permasalahan pelanggan yang muncul, Call Centre Telkomsel siap sepanjang 24 jam, dan didukung pula oleh customer touch point digital melalui twitter: @Telkomsel, facebook: Telkomsel dan email: cs@telkomsel.co.id.

(brl/red)