Telkomsel kini miliki 100 ribu BTS hingga perbatasan negara

Telkomsel kini miliki 100 ribu BTS hingga perbatasan negara

Techno.id - Dilansir oleh Antara (29/11/15), Direktur Utama PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) Ririek Adriansyah mengatakan jika jangkauan sinyal selular Telkomsel sudah mencakup 99 persen wilayah Indonesia.

"Kami memiliki 100.000 BTS, hingga ke perbatasan negara," kata Ririek dikutip dari Antara.

Di Kalimantan Timur saja, BTS (base transceiver system) yang dioperasikan Telkomsel sudah bercokol di Tiong Ohang dan Long Lunuk, Kecamatan Long Apari, kecamatan Kabupaten Mahakam Ulu yang berbatasan dengan rimba lebat dan negara bagian Sarawak, Federasi Malaysia.

Di Kalimantan Utara, Telkomsel dengan bantuan Detasemen Zeni 7 Kodam VI Mulawarman menegakkan BTS di Long Layu, Kabupaten Nunukan, serta Agung Baru, Kabupaten Malinau.

Tiong Ohang adalah pusat pemukiman Orang Bahau, Orang Kayan, dan Orang Penihing di Kecamatan Long Apari, Kabupaten Mahakam Ulu, Kalimantan Timur. Tiong Ohang juga menjadi ibu kota kecamatan di jantung Pulau Borneo itu.

Untuk mencapai Tiong Ohang, dari Long Bagun, Kutai Barat, diperlukan waktu sekitar 6 jam memudiki Sungai Mahakam. Long Bagun sendiri lebih kurang 400 km barat laut Balikpapan.

Menurutnya, pelanggan Telkomsel kini mencapai 150 juta, termasuk para pelanggan di perbatasan. Hal ini disampaikannya bersamaan dengan meresmikan layanan 4G LTE di Balikpapan (29/11/15).

(brl/red)