Telkom berikan segalanya untuk pemerataan jaringan di Indonesia

Telkom berikan segalanya untuk pemerataan jaringan di Indonesia

Techno.id - Penetrasi internet rumah tangga di Indonesia nampaknya belum menyebar secara merata. Dari data yang telah dihimpun pada tahun 2014, estimasi penetrasi berkisar antara 13 persen sampai 71 persen. Penggunaan internet tertinggi ditemukan di Provinsi DKI Jakarta kemudian Daerah Istimewa Yogyakarta, sedangkan paling rendah dipegang oleh Provinsi Maluku Utara dan Papua.

Menanggapi hal ini, Telkom sebagai salah satu penyedia layanan telekomunikasi terbesar di Indonesia mencoba mengerahkan sumber dayanya untuk meningkatkan penetrasi fixed broadband ke seluruh wilayah di Indonesia.

Pemerataan internet ini semakin ditingkatkan karena menurut penelitian yang dilakukan oleh (ITU) International Telecommunication Union, setiap 10 persen peningkatan penetrasi broadband akan memberikan 1,38 persen tambahan pertumbuhan (PDB) Produk Domestik Bruto di suatu negara. Nah, setiap peningkatan 1 persen dari penetrasi tersebut akan mengurangi pertumbuhan pengangguran sampai 8,61 persen.

Untuk memerangi penyebaran internet yang tidak merata ini Telkom menawarkan layanan IndiHome kepada semua warga Indonesia. Layanan tersebut dapat dinikmati di 60 kota besar dan 100 kota kecil dan menengah di seluruh Indonesia. Selain itu, Telkom juga tengah fokus menggelar jaringan fiber optic di seluruh wilayah Indonesia.

Nantinya di tahun 2015, diharapkan jaringan transport fiber optic sepanjang 75.000 kilometer dapat diselesaikan. Jaringan fiber optic ini terdiri dari jaringan kabel darat dan laut yang menghubungkan Jawa, Sumatera, dan Kalimantan, seperti dikutip dari Merdeka (29/04/2015).

Selain di darat dan laut, Telkom juga mengembangkan koneksi melalui udara. Telkomsel sebagai anak perusahaan Telkom telah diberi kepercayaan untuk memberikan layanan 4G (LTE) Long Term Evolution ke seluruh wilayah di Indonesia.

Menurut Direktur Consumer Service Telkom, Dian Rachmawan yang mengatakan, "Sudah tidak terbantahkan lagi bahwa Telkom adalah satu-satunya operator yang peduli untuk membangun jaringan dan menyediakan layanan bagi seluruh penjuru NKRI."

CEO Telkom Group Alex J. Sinaga menambahkan, bahwa dengan perluasan infrastruktur telekomunikasi dari Telkom baik di darat, laut dan udara, maka diharapkan pemerataan digital akses di Indonesia akan semakin cepat terealisasi. Sehingga isu digital divide atau kesenjangan digital akses di Indonesia akan teratasi dan memberikan kontribusi yang penting dalam percepatan pembangunan di Indonesia.

(brl/red)