Indosat tawarkan teknologi untuk melacak kendaraan lewat smartphone

Indosat tawarkan teknologi untuk melacak kendaraan lewat smartphone

Techno.id - Indosat selalu memberikan yang terbaik untuk kepuasan pelanggannya. Hal tersebut dibuktikan Indosat dengan meluncurkan layanan terbarunya yang memungkinkan pengguna dapat menjalankan beberapa fungsi seperti tracking, telematics, dan analytics.

Inovasi baru bernama Vehicle Telematics ini memiliki kelebihan untuk merekam berbagai data operasional kendaraan yang disimpan otomatis dan terstruktur dalam database. Menariknya lagi, datanya dapat diambil sesuai kebutuhan oleh pemilik kendaraan seperti, pemakaian bahan bakar, kondisi kendaraan (suhu mesin, aki, kelistrikan, dan gas buang), perilaku berkendara, perencanaan rute perjalanan, serta lokasi kendaraan pada waktu tertentu.

Selain itu, teknologi tersebut juga dapat diakses secara real time melalui jaringan seluler, komputer, dan berbagai gadget yang terkoneksi jaringan internet.

"Sederhananya, semua aktifitas bisa dimonitoring. Misalnya, kita tahu aki mobil yang akan digunakan sedang tidak bagus, nah kita bisa diberitahukan oleh teknologi tersebut melalui smartphone. Bahkan ketika driver mengemudi ugal-ugalan itu juga bisa dideteksi," ujar Hendra Sumiarsa, Division Head M2M Solution Indosat saat acara Indosat luncurkan layanan M2M Vehicle Telematics di The People's Cafe, Grand Indonesia, Jakarta.

Pengguna bisa memasang alat Vehicle Telematics secara plug & play pada konektor yang terhubung ke (ECU) Electronic Control Unit yang ada di setiap kendaraan, seperti yang dikutip dari Merdeka (28/04/2015).

Semua fasilitas yang dihadirkan Indosat ini ditujukan untuk perusahaan yang mengelola kendaraan operasional, seperti perusahaan penyewaan mobil, perusahaan taxi dan lain-lain.

(brl/red)