Tak kalah dari operator AS, provider Asia sudah lirik penggunaan IPv6

Tak kalah dari operator AS, provider Asia sudah lirik penggunaan IPv6

Techno.id - Demi meningkatkan layanan jaringan 4G LTE, operator telekomunikasi kini mulai beralih ke arsitektur jaringan berbasis Internet Protocol (IP). Nah, arsitektur jaringan yang sudah dipakai oleh provider ternama, misalnya Verizon dan T-Mobile dari Amerika Serikat, saat ini adalah IPv6.

Seperti dikutip dari Merdeka.com (09/09/15), salah satu bahasan menarik di ajang APNIC 40 yang dihelat di Jakarta ialah menyoroti kesiapan operator seluler Asia untuk bergerak ke arah tersebut.

Sekarang ini di Asia, baru SK Telecom yang mampu mengimplementasikan protokol IPv6 ke jaringan LTE mereka. Provider asal Korea Selatan itu memiliki 13 persen pelanggan yang telah menggunakan IPv6 untuk mengakses situs-situs yang sudah mendukung protokol baru ini, sebut saja Facebook atau Google.

IPv6 sendiri adalah jaringan penyempurnaan dari IPv4. Arsitektur jaringan ini dianggap sebagai solusi yang tepat untuk sistem komunikasi global saat ini. Pasalnya, IPv4 sudah tak mampu lagi mewadahi semua pengguna dalam berkomunikasi.

(brl/red)