Alasan APNIC 40 digelar di Jakarta

Alasan APNIC 40 digelar di Jakarta

Techno.id - Jakarta saat ini terpilih menjadi tuan rumah acara bergengsi dan penting soal internet di kawasan Asia Pasifik, yakni APNIC 40. Dilansir oleh Merdeka.com (07/09/15), Deputy Director General, APNIC, Sanjaya, mengatakan jika gelaran konferensi APNIC 40 di Jakarta pada dasarnya telah diputuskan semenjak dua tahun silam. Bergantian dengan kawasan negara-negara lain.

"Diputuskannya semenjak dua tahun yang lalu. Jadi meeting kita itu selalu dirotasi. Setiap enam bulan kita meeting di setiap sub region South East Asia, Pasifik Asia. Nah, sekarang jatahnya south asia. Akhirnya kita pilih di Jakarta. Ini juga berkat kerja sama dengan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII)," ujarnya dikutip dari Merdeka.com.

Sebelumnya, kata dia, Indonesia pernah menjadi tuan rumah APNIC pada tahun 2007 di Bali. Terlepas dari itu, dipilihnya Jakarta sekaligus mewakili Indonesia, lantaran di South East Asia, Indonesia merupakan pasar yang besar.

"Jadi pilihan Jakarta karena di South East Asia, market Indonesia besar. Pertumbuhan internet paling aktif. Terus terang kalau dibandingkan dengan negara lain di Asia, Indonesia dari segi jumlah jaringan internetnya itu paling besar," terangnya.

Bagaimana tidak, sejak lima tahun yang lalu, tepatnya tahun 2010, jumlah pengguna Internet di Indonesia telah tumbuh lebih dari dua kali lipat. Pada saat ini, tercatat lebih dari 88 juta orang terkoneksi ke jaringan Internet dengan pengguna sebagian besar berusia 15-25 tahun.

"Tujuan utama dari conference ini adalah bagaimana agar jaringan internet lebih handal, aman, dan tetap satu jaringan yang global. Makanya ini kita bawa orang-orang dari luar negeri sebagai pengingat bahwa internet itu global. Setelah konferensi selesai, para peserta bawa ilmu tambahan tentang tiga hal itu," ucap dia.

(brl/red)