Indonesia fokus bahas perpindahan IPv6 di APNIC 40

Indonesia fokus bahas perpindahan IPv6 di APNIC 40

Techno.id - Sebagai salah satu negara yang memiliki pertumbuhan internet cukup pesat, Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah perhelatan akbar yang membahas perihal internet di kawasan Asia Pasifik, yaitu APNIC 40.

Menanggapi kegiatan yang diusung bagi penyedia dan pengguna internet ini, Jamalul Izza, Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mengungkapkan bahwa APNIC 40 merupakan acara profesional meeting. Nantinya masing-masing perwakilan seluruh Asia Pasifik akan membagi dan membahas soal isu-isu yang menarik di kawasannya. Seperti halnya soal policy, domain, IP, dan lain sebagainya.

Sementara itu, Indonesia sebagai tuan rumah akan membawa isu seputar IPv6. Isu IPv6 ini memang sedang menjadi pembahasan oleh para pegiat internet Indonesia bahkan dunia. Dibahasnya isu tersebut, lantaran IPv6 sudah saatnya menggantikan IPv4 yang hampir habis.

Terkait regulasi yang akan diterapkan, Jamal mengungkapkan bahwa nantinya merujuk ke soal perangkat karena selama ini masih belum banyak perangkat yang support di IPv6.

"Saat ini, rata-rata di Jepang sudah pakai, karena tergantung penetrasi internet seperti apa. Jika semakin banyak perangkatnya maka IP bakal habis," tutup Jamal.

(brl/red)