Makin luas, layanan 4G LTE-A Smartfren hadir di 85 kota

Makin luas, layanan 4G LTE-A Smartfren hadir di 85 kota

Techno.id - Semangat Smartfren Telecom menggenjot layanan telekomunikasi berbasis 4G long term evolution advanced (LTE-A) terlihat masih sangat menggelora. Membuka lembaran di tahun 2016, operator telekomunikasi ini mengumumkan ekspansi besar-besaran layananannya.

Perusahaan itu unjuk gigi kekuatan infrastruktur 4G LTE-A miliknya dengan perluasan jangkauannya ke 85 kota di seluruh Indonesia. Jumlah itu meningkat secara pesat dari jumlah kota yang dijangkau Smartfren pada akhir tahun 2015 yang tersedia di 22 kota.

"Sekarang sudah coverage di 85 kota dari total 514 total kota di seluruh Indonesia. Ini menandakan Smartfren sebagai operator dengan coverage 4G terluas se-Indonesia saat ini," ujar Merza Fachys, Presiden Direktur Smartfren di Senayan National Golf, Jakarta.

Penyediaan layanan LTE-A dilakukan Smartfren dengan menggabungkan teknologi Frequency Division Duplex (FDD) di 850 MHz dan teknologi Time Division Duplex (TDD) 2300 MHz. Peningkatan teknologi ini dijalankan Smartfren bekerjasama dengan vendor ZTE dan Nokia sebagai mitra infrastruktur.

Dua mitra Smartfren itu mendapat tugas yang berbeda, Nokia diberi tugas menangani pembangunan Base Tranceiver Station (BTS) di wilayah Indonesia bagian barat, yang meliputi Jabodetabek, Jawa Barat, dan Sumatera. ZTE mendapat tugas membangun infrastruktur Smartfren di wilayah timur Indonesia, mulai dari Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Lombok, Kalimantan, dan Sulawesi.

Secara gamblang Smartfren menyebutkan 85 kota yang sudah tersentuh layanan berbasis 4G LTE-A yang tersebar di seluruh Indonesia. Kota-kota tersebut antara lain:

  1. DKI Jakarta
    Jakarta
  2. Banten
    Tangerang, Tangerang Selatan, Serang, Cilegon, Pandeglang
  3. Jawa Barat
    Bogor, Bekasi, Purwakarta, Depok, Sukabumi, Cianjur, Subang, Bandung, Sumedang, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar.
  4. Jawa Tengah
    Cirebon, Semarang, Surakarta, Cilacap, Purwokerto, Wonosobo, Temanggung, Magelang, Pekalongan, Tegal, Kudus, Yogyakarta, Wonosari, Bantul
  5. Jawa Timur
    Surabaya, Malang, Madiun, Jember, Gresik, Sidoarjo, Pasuruan, Probolinggo, Situbondo, Banyuwangi, Blitar, Tulungagung, Kediri, Ponorogo.
  6. Bali dan Lombok
    Denpasar, Mataram.
  7. Sumatera Utara
    Aceh, Sabang, Bireun, Lhoksmawe, Medan, Tebing Tinggi, Pemantang Siantar, Brastagi.
  8. Sumatera Barat
    Padang, Pariaman, Padang Pajang, Bukit Tinggi.
  9. Sumatera Selatan
    Palembang, Bandar Lampung, Prahbumulih, Lahat, Pagar Alam, Kota Bumi, Metro.
  10. Riau
    Pekanbaru, Batam, Duami, Duri.
  11. Sulawesi Selatan
    Makassar, Pare Pare, Palopo.
  12. Sulawesi Utara
    Manado, Koyamobago.
  13. Kalimantan Selatan
    Banjarmasin, Martapura, Banjarbaru, Kota Baru.
  14. Kalimantan Timur
    Balikpapan, Samarinda.
  15. Kalimantan Barat
    Pontianak, Singkawang.

(brl/red)