Resep rahasia agar aplikasi digemari banyak pengguna

Resep rahasia agar aplikasi digemari banyak pengguna

Techno.id - Bagaimana membuat sebuah aplikasi agar dipakai banyak pengguna? Pertanyaan seperti ini telah umum beredar di kalangan pengembang aplikasi. Agar aplikasi diminati banyak orang, ada baiknya mereka membuat aplikasi yang bermanfaat serta dapat memberikan solusi suatu masalah yang tengah dihadapi masyarakat.

Untuk menciptakan sebuah aplikasi yang tepat sasaran, pengembang harus benar-benar memahami masalah yang ingin dipecahkan. Selain itu, mereka juga harus sering menggali informasi dari pelaku yang bergelut di bidang pengembangan aplikasi.

"Jangan segan bertanya kepada orang-orang agar aplikasinya dapat benar-benar berguna," kata CEO Badr Interactive, Andreas Sanjaya usai peresmian kompetisi The NextDev di Jakarta, seperti dikutip dari AntaraNews (4/5/2015).

Para pengembang juga harus terjun langsung ke lapangan untuk melakukan riset dalam pembuatan sebuah aplikasi. "Misalnya mau bikin aplikasi tentang angkot, harus coba naik angkot agar tahu masalahnya," imbuh CEO Layang Layang Mobile, Prasetyo Andy W.

Salah satu resep rahasia dari Prasetyo Andy, sebaiknya tidak membuat aplikasi yang sedang tren di luar negeri karena belum tentu bisa berhasil saat diterapkan di Indonesia. Sedangkan, menurut Chief Executif KIBAR Yansen Kamto, "Bentuklah tim yang memiliki keahlian berbeda namun satu visi. Ibarat bikin band, kalau kamu vokalis, cari anggota lain yang perannya berbeda."

(brl/red)