Pengguna Tri suka 'rayakan' Tahun Baru pakai Facebook dan WhatsApp

Pengguna Tri suka 'rayakan' Tahun Baru pakai Facebook dan WhatsApp

Techno.id - PT Hutchison 3 Indonesia, pengelola operator GSM 3 (baca:Tri) mengklaim sukses memberikan layanan komunikasi secara lancar selama liburan Natal dan Tahun Baru 2016. Pengguna Tri disebutkan lebih banyak memanfaatkan layanan data ketimbang layanan dasar komunikasi lain seperti SMS maupun telepon.

Peningkatan penggunaan layanan data mendominasi peningkatan trafik data jaringan, khususnya penggunaan OTT dan sosial media seperti Facebook untuk menyampaikan ucapan Natal dan Tahun Baru 2016. Trafik data meningkat hampir 70 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Saat ini, Tri memiliki pelanggan Facebook kedua terbesar di Indonesia.

Selama malam pergantian tahun dan perayaan Natal 2015, kami telah mengantisipasi bahwa sebagian besar pelanggan kami akan menggunakan layanan pesan OTT dan sosial media, seperti Facebook, Whatsapp, untuk berkomunikasi dan menyampaikan ucapan kepada teman maupun keluarga," ungkap Randeep Singh Sekhon, Presiden Direktur Tri.

Randeep menjelaskan kondisi masyarakat Indonesia tahun ini sangat berbeda dibandingkan beberapa tahun lalu. Beberapa tahun lalu, pelanggannya masih menggunakan SMS dalam mengucapkan Selamat Tahun Baru kepada kerabatnya. Oleh sebab itu, antisipasi yang dilakukan perusahaannya ialah meningkatkan kapasitas datanya di seluruh Indonesia.

Lebih lanjut, Randeep menyatakan penggunaan Facebook telah mengalami peningkatan hampir 20 persen pada malam Natal dan malam tahun baru, serta hampir 30 persen pada WhatsApp dibandingkan hari normal di tahun 2015. "Kami bersyukur layanan kami telah beroperasi dengan baik tanpa ada hambatan yang berarti meskipun terjadi lonjakan trafik," imbuhnya.

Randeep menambahkan, Tri juga telah melakukan peningkatan kualitas jaringan di sepanjang jalur pantura, jalur selatan dan jalur penghubung lainnya. Sementara itu, untuk antisipasi lonjakan trafik pada saat puncak malam pergantian tahun, peningkatan kapasitas juga telah dilakukan di ruang dan fasilitas umum seperti mal, terminal dan pelabuhan, bandara udara, dan stasiun kereta api.

Untuk menunjang peningkatan lonjakan ini, Tri juga menempatkan mobile BTS (base transceiver station) di pusat pusat keramaian perayaan Natal dan malam pergantian tahun. Di hari biasa diluar Hari Raya Natal dan Tahun Baru, trafik data yang ditampung oleh jaringan Tri mencapai sekitar 1.200 TB (Terabyte) per hari.

Trafik data yang tinggi ini membuat Tri telah menjadi operator penyedia layanan data bergerak terbesar ke-2 di Indonesia. Penggunaan Facebook di jaringan Tri juga sangat tinggi yaitu hampir 30 juta pengguna aktif setiap bulannya. Angka ini merupakan terbesar ke 2 di Indonesia.

Per kuartal 3 tahun 2015, Tri telah memperluas cakupan jaringan secara nasional, yang diperkuat oleh hampir 39 ribu unit BTS. Sinyal Tri telah melayani 86 persen penduduk Indonesia, dinikmati oleh 55,4 juta pelanggannya yang 60 persen diantaranya adalah pelanggan data bergerak. Tri akan terus melanjutkan komitmennya untuk pertumbuhan dan pemberdayaan Indonesia dengan menghadirkan akses internet handal bagi lebih banyak lagi masyarakat Indonesia.

(brl/red)