Kurangi transaksi uang tunai, Indosat hadirkan D-Tap

Kurangi transaksi uang tunai, Indosat hadirkan D-Tap

Techno.id - Melihat potensi akan layanan pembayaran non tunai dan tingginya pertumbuhan smartphone, PT Indosat Tbk meluncurkan D-Tap, layanan pembayaran berteknologi nirkontak berbasis NFC (Near Field Communication).

D-Tap hadir dalam bentuk kartu dan SIM Card. Layanan ini akan melengkapi layanan mobile payment berbasis server yaitu Indosat Dompetku. Randy Pangalila, Group Head Mobile Financial Services Indosat mengungkapkan bahwa saat ini D-Tap baru berpartner dengan (KAI Commuter Jakarta) KCJ, namun akan terus membuat ekosistem yang lebih luas ke semua infrastruktur seperti busway dan tol. Layanan ini dikembangkan dengan memberikan kemudahan cukup bermodal tap and go. Kartu ini lebih baik dari stiker, ungkapnya.

Kurangi transaksi uang tunai, Indosat hadirkan D-Tap

Sementara itu terkait keamanan, Muhammad Syaiful Anam, Dompetku Dev & Mgt Manager Group Mobile Financial Service mengungkapkan bahwa layanan ini terjamin keamanannya. Kami melihat NFC ini tidak bisa digantikan di beberapa sektor itu, hal itu menjadi portfolio yang terus ditingkatkan. Kami bukan berperan sebagai penyedia jasa teknologi bank namun kami memiliki peran yang sama seperti bank. Sim card indosat nantinya bisa dipakai sebagai pembayaran.

Anam menambahkan bahwa dalam tempo satu hingga dua bulan ke depan akan dilakukan commercial launch untuk penggunaan layanan D-Tap di layanan infrastruktur seperti transportasi umum dan merchant.

Ke depannya, pelanggan Indosat yang telah terdaftar sebagai pelanggan Indosat Dompetku dapat melakukan pengisian saldo D-Tap melalui aplikasi Indosat Dompetku maupun agen D-Tap yang sudah berpartner.

Saat ditanya mengenai target, Randy mengatakan belum bisa membagi informasi sekarang namun akan fokus memberikan penawaran ke pengguna Dompetku yang telah mencapai 2 juta dengan trafik 200 ribu transaksi perhari.

(brl/red)