Indosat Instant Office diklaim cocok bagi UMKM

Indosat Instant Office diklaim cocok bagi UMKM

Techno.id - Sebagai bentuk dukungan bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), PT Indosat Tbk secara resmi meluncurkan layanan komunikasi baru bernama Instant Office. Sesuai namanya, layanan ini diklaim dapat memberikan kemudahan bagi para pelaku UMKM dalam menjalankan bisnisnya terutama dari aspek komunikasi.

"Untuk bisnis baru atau bisnis menengah ke bawah, perangkat komunikasi jadi tantangan tersendiri," ujar Wibisono Hadiputro, Division Head Devices and Convergence PT Indosat Tbk sebagaimana dikutip dari Antara, Rabu (12/08/2015).

"Mereka butuh kantor, mereka butuh sesuatu yang dapat meningkatkan image. Untuk itu, kami mencoba untuk mengaksesnya (penyediaan perangkat komunikasi) karena waktu dan biaya yang dibutuhkan dapat membebani para pengusaha muda," imbuhnya.

Dengan adanya kemudahan dari sisi komunikasi, ia berharap layanan Instant Office dapat membantu dari sisi efisiensi operasional pelanggan. Juga, secara tak langsung juga dapat meningkatkan produktivitas para karyawan.

Instant Office sendiri merupakan perangkat wireless router dengan kemampuan berbagi internet 3G hingga 20 perangkat baik melalui Wi-Fi maupun kabel LAN. Instant Office juga dikatakan dapat berfungsi sebagai fasilitas telepon (tetap).

Wibisono juga mengklaim, bahwa kapasitas perangkat Instant Office dapat menghubungkan hingga 1.000 karyawan dalam satu perusahaan. Dengan kata lain, UMKM dengan karyawan berjumlah 100 sangatlah mungkin untuk mengakses layanan ini.

(brl/red)