Startup pengaruhi model produk layanan komunikasi

Startup pengaruhi model produk layanan komunikasi

Techno.id - Indosat kembali menyediakan layanan komunikasi untuk perusahaan kelas kecil dan menengah (UKM). Layanan terbaru yang disediakan operator telekomunikasi itu menggabungkan layanan data, komputasi awan dan telepon konvensional dengan nama Indosat Instant Office.

Penggabungan berbagai model produk yang dimiliki Indosat tersebut diklaim agar bisa mendongkrak jumlah pelanggan post-paid di jaringannya. Anak usaha Ooredoo Group ini mengaku sulitnya mendapat pelanggan post-paid di Indonesia membuat mereka harus pakai strategi khusus.

"Pelanggan postpaid susah dicari satuan. Makanya sekarang ini strategi yang dibuat untuk dapat pelanggan postpaid. Pasar UKM itu besar banget kalau bisa untuk gaet pelanggan postpaid," kata Wibisono Hadiputro, Division Head Devices & Convergence Indosat.

Ia pun melanjutkan potensi yang ada di pasar UKM sangat besar untuk digarap oleh industri apapun karena jumlahnya yang sangat banyak di Indonesia. "Data terakhir ada 56 juta UKM itu, jumlah pertumbuhannya juga masih tinggi setiap waktunya," tambah pria yang akrab disapa Wibi itu.

Perusahaan rintisan alias startup yang makin menjamur diklaim mempengaruhi paradigma pasar bisnis, khususnya kelas UKM dalam mengadopsi layanan telekomunikasi. Di Indonesia, startup memang dikategorikan dalam perusahaan kelas kecil dan menengah yang jumlahnya masih terus mengalami peningkatan.

"Tren komunikasi dan paradigma yang diperlukan perusahaan sejenis UKM itu berubah. Terlebih sekarang makin banyak startup yang perlu melakukan efisiensi di semua aktivitas perusahaannya karena modalnya terbatas, kami mau fasilitasi mereka juga," kata Wibisono.

Sayangnya, Wibi tak mau mengungkapkan secara spesifik berapa besar target startup yang akan disasarnya melalui produk Indosat Instant Office yang baru disediakannya.

(brl/red)