Kota Balikpapan dapat dukungan XL untuk program XmartCity

Kota Balikpapan dapat dukungan XL untuk program XmartCity

Techno.id - PT XL Axiata Tbk (XL) selalu berusaha membagikan kebaikan kepada seluruh masyarakat di Indonesia. Namun, kali ini mereka akan memfokuskan diri untuk mengimplementasikan program Indonesia Broadband Plan di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Program Indonesia Broadband Plan sendiri sebenarnya merupakan penerapan sebuah aplikasi digital yang akan digunakan untuk berbagai hal, seperti untuk reservasi rumah sakit, pembayaran uji Kir kendaraan bermotor dengan uang elektronik, dukungan promosi untuk pelaku UKM, serta website untuk panti asuhan atau rumah yatim. Program pintar ini dinamakan XmartCity oleh Direktur Digital Service XL, Ongki Kurniawan.

Demi kelancaran program tersebut, Ongki menggandeng Walikota Balikpapan, H.M. Rizal Effendi, SE., untuk bersama-sama meluncurkan implementasi program XmartCity di Balikpapan. Nantinya, program hasil kerja sama keduanya akan menyasar lima segmen untuk membantu masyarakat Balikpapan, seperti yang dikutip dari Merdeka (13/11/2015).

"Dukungan XL untuk masyarakat Kota Balikpapan ini berdasarkan konsep Sustainable Development Goals dari PBB, yaitu dengan menerapkan 5 dari 17 sasaran. Kelimanya adalah dukungan pada sarana kesehatan, pekerjaan yang layak dan pertumbuhan ekonomi, inovasi, infrastruktur, serta program pemberdayaan komunitas masyarakat secara berkelanjutan. Syukur Alhamdulillah, hari ini kami bisa meresmikan implementasi dari kerjasama ini sehingga pelayanan kepada masyarakat dapat lebih ditingkatkan. Insya Allah ke depannya, melalui konsep baru XL ini, Balikpapan siap menjadi salah satu XmartCity yang standar dunia," ujar Ongki.

Tak hanya mengajak kalangan pemerintahan, XL juga menggandeng perguruan tinggi, seperti Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Balikpapan. Diharapkan dengan mengajak para mahasiswa maka keduanya dapat membangun solusi digital reservasi rumah sakit, serta menyiapkan website untuk UKM dan pemberdayaan panti asuhan atau rumah yatim.

Program Indonesia Broadband Plan ini nanti akan diselenggarakan di tiga kota, antara lain Balikpapan, Jembrana, dan Pekalongan. Selain kota-kota tersebut, saat ini XL sedang aktif membantu Pemerintahan Kota Yogyakarta dan Pemerintahan Daerah Nusa Tenggara Barat untuk pengembangan kota pintar di daerah masing-masing.

(brl/red)