Keuangan XL terbantu oleh peningkatan lalu lintas data

Keuangan XL terbantu oleh peningkatan lalu lintas data

Techno.id - Salah satu provider terbesar di Tanah Air, PT XL Axiata Tbk., telah mengabarkan secara resmi pendapatannya di kuartal pertama tahun ini. Seperti dilansir oleh Merdeka.com (6/5/15), XL terbukti mampu mengantongi Rp5,5 triliun semenjak Januari hingga Maret 2015 ini.

Lebih lanjut, perusahaan telekomunikasi berusia 18 tahun itu membeberkan pula detail lainnya, seperti pendapatan dari layanan selular. Menurut XL, pendapatan dari pelayanan ini sudah meningkat tiga persen dibandingkan tahun lalu. Hal ini disebabkan oleh adanya pertumbuhan lalu lintas data yang signifikan dan jumlah pengguna smartphone yang semakin banyak.

"Kami fokus menyediakan layanan internet agar lebih terjangkau, sehingga dapat meningkatkan trafik penggunaan data sebesar 92 persen dibandingkan tahun lalu," ungkap Dian Siswarini, sang CEO.

Sayangnya, XL turut mencatat kerugian sebesar Rp758 milliar. Lenyapnya uang tersebut disebabkan oleh melemahnya Rupiah.

Posisi XL saat ini sebenarnya masih dominan. Sebagaimana dikatakan Dian, jumlah pengguna XL sudah mencapai angka 17,2 juta. Di kuartal pertama 2015 ini, tingkat penetrasi penggunanya pun menginjak 33 persen.

(brl/red)