CONNECT WITH US
Denny Mahardy |
 16 April 2016 12:00

Kapan VoLTE bisa dipakai telepon ke luar negeri?

Smartfren: Tergantung pada kesiapan ekosistem

Kapan VoLTE bisa dipakai telepon ke luar negeri?

Techno.id - Uji coba komunikasi menggunakan teknologi voice over LTE (VoLTE) ke Korea Selatan jadi sinyal kesiapan Smartfren menggelar roaming internasional buat layanan terbaru tersebut. Anak usaha Sinar Mas Group itu menggandeng operator LG UPlus sebagai mitra jaringan roaming di Korea Selatan.

Diam-diam, operator yang berkantor di kawasan Sabang, Jakarta Pusat sudah bergerilya demi menghadirkan roaming internasional VoLTE. Tak hanya LG Uplus, Smartfren mengaku bakalan bermitra dengan operator lainnya di dunia untuk menghadirkan layanan tersebut.

Sewaktu ditanya rencana pasti kapan layanan roaming VoLTE tersebut dirasakan pengguna secara luas, Smartfren berkilah soal itu tergantung dari kesiapan ekosistemnya. Hal ini tentu erat kaitannya dengan ketersediaan handset yang mendukung jaringan generasi keempat dan VoLTE tentunya.

"Dalam waktu dekat belum bisa dikomersilkan, karena handset yang sudah mendukung VoLTE masih belum banyak. Kemungkinan handset VoLTE itu menurut prediksi kita akan booming pada semester dua tahun ini," ungkap Roberto Saputra, Chief of Brand Smartfren.

Meski demikian, Roberto mengatakan kalau layanan roaming VoLTE sudah siap untuk digunakan. Namun saja, kendala ketersediaan handset VoLTE yang masih minim dan juga belum banyak operator yang mengadopsi VoLTE dinilai cukup menjadi batu sandungan sehingga komersilnya roaming VoLTE.

"Kita memperkirakan layanan roaming VoLTE ini sudah bisa dirasakan pada akhir tahun depan (2017)," tandas Roberto.

WHAT TO READ NEXT ?