Jika mulus, kehadiran M2M akan dukung munculnya smart city lebih cepat

Jika mulus, kehadiran M2M akan dukung munculnya smart city lebih cepat

Techno.id - Seperti diketahui, Indosat baru saja meluncurkan sebuah teknologi Machine to Machine atau M2M yang memungkinkan mesin dengan mesin melakukan komunikasi. Ya, teknologi yang disebut sebagai layanan Vehicle Telematics ini diklaim akan tumbuh setiap tahunnya di atas pertumbuhan industri. Bahkan, menurut Heru Sutadi, pengamat IT, M2M akan booming tahun depan di Indonesia.

"M2M sudah mulai jalan di beberapa operator, terus tumbuh meski hitungannya masih tahap awal. untuk Indonesia, tahun depan mulai booming apalagi makin ramainya implementasi smart city," ungkap Heru seperti dikutip dari Merdeka (29/4/15).

Hal senada juga disampaikan oleh Hendra Sumiarsa, Division Head M2M Solution Indosat. Menurutnya, pertumbuhan industri solusi M2M disebutkan mengalami pertumbuhan yang pesat dari tahun ke tahun, yakni sekitar 40 persen per tahun dari sisi industri utilitas, otomotif, transportasi, perbankan, keamanan, dan surveilance. Hendra pun berharap dan yakin bahwa industri ini akan menjadi trend dalam tiga tahun ke depan.

Hendra menambahkan, saat ini bisnis M2M telah memiliki empat bisnis model, yakni business to business (B2B), business to business to business (B2B2B), business to consumer (B2C), dan business to business to consumer (B2B2C) yang mencukupi kebutuhan pasar bisnis yang ada di Tanah Air.

(brl/red)