Indosat siap jadi yang terdepan sediakan 4G LTE di Indonesia

Indosat siap jadi yang terdepan sediakan 4G LTE di Indonesia

Techno.id - Pemerintah telah menetapkan bahwa November tahun ini penggunaan teknologi 4G LTE akan resmi digunakan di Indonesia. Untuk itu, Indosat selaku salah satu operator seluler penyedia layanan ini, telah mengambil sejumlah langkah persiapan.

Menurut Alexander Rusli, CEO Indosat seperti dilaporkan oleh Merdeka (25/4/15), pihaknya telah melakukan banyak persiapan. Bahkan, Indosat telah mempersiapkan jaringan 4G LTE sejak dua tahun lalu dan mulai siap dioperasikan sesuai dengan kebijakan pemerintah tahun ini.

"4G LTE di U1800 kita akan all out. Ini real LTE speed, kita yang terdepan. Persiapannya sudah dari dua tahun lalu, sekarang tinggal di-on-kan," kata Alexander.

Menurut Alexander, tahun ini adalah ujung dari modernisasi jaringan Indosat yang telah dimulai sejak 2013 silam. Menurutnya, kesiapan Indosat dalam menyiapkan 4G LTE salah satunya dibuktikan dengan drive test jaringan baru Indosat 42Mbps di Lombok, kota Mataram dua hari lalu.

Dalam kegiatan drive test tersebut, didapat kecepatan maksimal download Indosat mencapai 18,8Mbps dengan rata-rata 8,3Mbps. Sementara itu, kecepatan upload maksimal mencapai 5,5Mbps dengan rata-rata 2,5Mbps. Live streaming YouTube kualitas HD berhasil dilakukan sepanjang drive test tanpa adanya buffering.

(brl/red)