Indosat perkenalkan solusi eSIM untuk pelanggan M2M

Indosat perkenalkan solusi eSIM untuk pelanggan M2M

Techno.id - PT Indosat, Tbk telah berhasil melakukan pengujian layanan M2M lintas negara menggunakan perangkat eSIM komersial bersama dengan DoCoMo, operator dari Jepang yang didukung pula oleh Giesecke & Devrient (G&D). Pengujian ini dimaksudkan untuk memastikan secara teknis bahwa aktivasi SIM Card jarak jauh secara remote dapat bekerja dengan baik.

Selain itu, Indosat, DoCoMo, dan G&D juga sempat mendemonstrasikan dan memperkenalkan solusi eSIM ini kepada peserta yang hadir dalam acara Asia M2M/IOT Business Platform di Jakarta.

"Teknologi eSIM memungkinkan pelanggan manufaktur multinasional seperti produsen otomotif, perusahaan elektronik (consumer electronics) dan produsen perangkat-perangkat industri untuk memberikan layanan nilai tambah kepada pelanggannya. Contoh yang sederhana adalah manfaat eSIM bagi importir kendaraan atau ATPM," ungkap Hendra Sumiarsa, Division Head M2M Solutions Indosat, seperti yang dilaporkan oleh Merdeka (27/8/15).

Indosat perkenalkan solusi eSIM untuk pelanggan M2M

Sedangkan untuk eSIM sendiri, sebenarnya telah dibenamkan ke dalam perangkat M2M pada saat peralatan atau mesin masih dalam proses pabrikasi. Menariknya, eSIM tersebut dapat diaktivasi dari jarak jauh dengan profil berlangganan M2M yang tersedia pada perangkat lokal. Kemudian, peralatan tersebut dapat dikirim ke lokasi pelanggan M2M di seluruh dunia dan siap untuk diuji ataupun langsung dapat menggunakan paket berlangganan pada negara tujuan.

Teknologi eSIM memungkinkan pelanggan M2M multinasional mampu mengoperasikan ponselnya di seluruh dunia hanya dengan SIM Card tunggal. Dengan begitu, dapat dikatakan pula bahwa eSIM memungkinkan proses bisnis menjadi optimal, efisien dalam penggelaran M2M secara global meningkat, dan waktu proses penggelaran perangkat M2M akan semakin cepat.

(brl/red)