Program Mobil Klinik dari Indonesia sekarang dipakai negara lain

Program Mobil Klinik dari Indonesia sekarang dipakai negara lain

Techno.id - Program Mobil Klinik hasil inisiatif Indosat sejak tahun 2007 silam kini merambah berbagai negara yakni Myanmar, Algeria, dan segera menyusul di Tunisia. Perluasan Mobil Klinik ke luar Indonesia ini merupakan kebijakan yang telah diumumkan Ooredoo Group selaku induk usaha Indosat.

Di Indonesia, 16 Mobil Klinik telah dioperasikan Indosat di seluruh wilayah Indonesia dan hingga kini telah melayani lebih dari 680 ribu pasien khususnya masyarakat kurang mampu dan jauh dari fasilitas kesehatan. Program ini juga memberi sosialisasi tentang hidup sehat, penyediaan obat-obatan dan lain-lain.

Indosat, sebagai pelopor dari Program Mobil Klinik di Grup Ooredoo merasa bangga bahwa inisiatif yang telah memberikan banyak manfaat bagi masyarakat Indonesia, juga dapat diterapkan dan memberikan manfaat di berbagai negara lain melalui berbagai fasilitas kesehatan gratis, kata President Director & CEO Indosat Alexander Rusli.

Khusus untuk Mobil Klinik baru yang diluncurkan terakhir di Algeria Ramadan lalu, Ooredoo bekerja sama dengan Bulan Sabit Merah Algeria bersama Yayasan Leo Messi dan akan beroperasi di 3 provinsi di Algeria yaitu Tamanrasset, Illizi, dan Adrar, serta diperkirakan akan melayani sekitar 250 ribu orang.

Sementara di Myanmar, Program Mobil Klinik diluncurkan di bulan Februari 2015, dan telah memberikan layanan di 73 desa, 75 persen dari 2.321 penerima manfaat ini adalah kaum wanita. Mobil Klinik memberikan perawatan baik sebelum maupun sesudah melahirkan kepada 203 ibu, serta menangani 267 kasus kesehatan anak di bawah lima tahun dengan berbagai penyakit seperti Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA), diare, Tuberkulosis (TB), dan lain-lain.

Rencananya Mobil Klinik juga bakal segera diluncurkan di Tunisia, dengan target masyarakat di wilayah Kebili, Gabes, Sidi Bouzid, Mahdia, Kef, dan Zaghouan. Program Mobil Klinik di Tunisia ini akan mendukung berbagai upaya untuk memastikan pendeteksian dan pengawasan berbagai penyakit kronis dan gangguan metabolisme di negara ini, dan menyediakan berbagai tips kesehatan bagi masyarakat di wilayah ini.

Sejak awal lahir, program Mobil Klinik memang bertujuan untuk memberikan layanan kesehatan gratis bagi masyarakat terpencil khususnya berfokus pada anak-anak dan korban bencana alam. Mobil Klinik menyediakan berbagai fasilitas layanan kesehatan yang dilengkapi dengan perangkat medis, obat-obatan, tenaga medis profesional, pemberian nutrisi bagi anak serta edukasi tentang hidup sehat bagi masyarakat.

(brl/red)