CONNECT WITH US
Fauzan Jamaludin |
 15 Maret 2016 07:00

Dukung Bekasi jadi Smart City, Telkomsel perluas cakupan 4G LTE

Telkomsel dan Pemkot Bekasi bahkan sudah membuat MOU kerja sama untuk mendukung percepatan program ini.

Dukung Bekasi jadi Smart City, Telkomsel perluas cakupan 4G LTE

Techno.id - Ambisi pemerintah Kota Bekasi menjadikan kotanya sebagai Smart City nampaknya bakal segera terwujud. Betapa tidak, Telkomsel baru-baru ini dalam acara perayaan ulang tahun kota Bekasi ke-19 mengungkapkan bakal mendukung program pemerintah kota di wilayah provinsi Jawa Barat tersebut dengan memperluas cakupan jaringan 4G LTE yang saat ini telah mencapai 90 persen di wilayah itu.

"Mewakili Manajemen Telkomsel, kami mengucapkan Selamat Ulang Tahun ke-19 untuk Kota Bekasi, besar harapan kami kerja sama yang telah terjalin selama ini, baik dengan Pemkot Bekasi maupun unsur masyarakatnya dapat terus terjalin dengan baik. Sebagai bentuk apresiasi, Telkomsel memperluas cakupan dan memperkuat kualitas layanan 4G LTE di wilayah Kota Bekasi dan sekitarnya, untuk mendukung percepatan Kota Bekasi menjadi salah satu acuan dalam penerapan konsep Smart City di Indonesia," ujar Venusiana Papasi, Executive Vice President Area Jabotabek Jabar Telkomsel.

Sebagaimana dilansir oleh Merdeka (14/3/16), dukungan Telkomsel terhadap ambisi pemerintah kota Bekasi tersebut sudah dilakukan sejak beberapa waktu lalu. Pihak Telkomsel mengklaim telah membangun sarana pendukung layanan 4G LTE Telkomsel di Kota Bekasi dan sekitarnya sejak pertengahan tahun lalu dan saat ini telah didukung oleh 300 BTS eNode B 4G yang tersebar di sejumlah titik seperti Terminal Bus, Stasiun Kereta, Dermaga, Rumah Sakit, Area Padat Populasi, Pasar Tradisional, Lokasi Industri, Mall, Gedung Bertingkat dan Sekolah atau Kampus.

Lebih lanjut pihak Telkomsel mengungkapkan jika dukungan terhadap percepatan penerapan konsep Smart City di Kota Bekasi ini juga telah diwujudkan dengan penandatanganan MOU pada bulan Desember 2015 lalu. Telkomsel dilaporkan bakal menyediakan dashboard control center yang akan digunakan oleh pemkot Bekasi dalam mendukung aktivitas kepemerintahan dan melayani kebutuhan masyarakat.

"Secara nasional, pelbagai aktivitas untuk mendukung program TrueBEx (True Broadband Experience) di antaranya adalah Drive Test & Walk Test, Optimalisasi Jaringan, Pemasangan COMBAT (Compact Mobile Base Station), Penambahan BTS Baru dan Kapasitas Jaringan, Customer Experience Test (CET), serta Performance Monitoring and Complaint Handling. Selain itu dilakukan pula implementasi teknologi terbaru seperti DC-HSDPA, HSPA+ dan LTE, sehingga throughput kecepatan dapat mencapai 42 Mbps untuk 3G dan 112 Mbps untuk 4G," tutup Venusiana.

WHAT TO READ NEXT ?