CONNECT WITH US
Fauzan Jamaludin |
 9 Maret 2016 11:00

Selama GMT, layanan operator di Belitung ternyata tak maksimal!

Beberapa warga mengaku mengalami masalah dengan layanan data beberapa operator.

Selama GMT, layanan operator di Belitung ternyata tak maksimal!

Techno.id - Ternyata, selama terjadinya fenomena Gerhana Matahari Total (GMT) tadi pagi (9/3/16), layanan operator di Belitung tak berjalan maksimal. Padahal, beberapa operator telah berjanji akan melakukan optimalisasi di wilayah yang menjadi salah satu titik pengamatan fenomena langka tersebut.

Sebagaimana dikutip Techno.id dari Merdeka (9/3/16), Ramli salah satu warga asli Manggar, Belitung Timur yang menjadi titik pengamatan fenomena GMT mengungkapkan jika layanan operator XL yang digunakannya masih mengalami beberapa kendala. Ia mengaku, saat ingin mengupload beberapa foto proses gerhana matahari hasil bidikannya hampir selalu gagal.

Ramli berujar jika kendala yang dialaminya ini karena mungkin banyak yang menggunakan layanan data dari XL sehingga membuat trafik di daerahnya meningkat dan berdampak pada layanannya. Perlu Anda ketahui, XL memang diklaim banyak digunakan oleh hampir sebagian besar warga di Belitung.

Ardyan M Erlangga, salah satu koresponden Merdeka.com yang sedang melakukan liputan GMT di Belitung pun juga berujar mengalami kendala saat akan mengirimkan laporan.

"Indosat Ooredoo hanya Edge. XL sebetulnya H+ tapi ambyar juga. Karena semua orang Belitung pakai XL, dan mungkin semua berebut ingin upload. Gak sedikit yang mengeluh ini tadi, termasuk warga setempat. Ini justru aku sekarang mengandalkan Indosat Ooredoo. WhatsApp masih bisa. Hanya saja, kirim email sama gambar yang susah," kata Ardyan.

Sementara itu, berbeda dengan Ramli dan Ardyan, Kresna Saputra salah satu warga lokal Belitung justru mengaku tak mengalami kendala apa pun dengan layanan operator yang digunakannya. Ia mengaku layanan data Telkomsel yang digunakannya tak mengalami kendala selama kegiatannya melakukan upload foto.

"Posisi saya sekarang ada di pantai Tanjung Kelayang. Untuk internet, saya pakai Telkomsel. Dan sejauh ini tidak mengalami kendala. Soalnya ada BTS tambahan juga di sini, jadi tidak ada masalah," ungkap Kresna.

 

WHAT TO READ NEXT ?