Dua tahun bersiap, Indosat yakin bakal lancar sediakan jaringan 4G

Dua tahun bersiap, Indosat yakin bakal lancar sediakan jaringan 4G

Techno.id - Indosat adalah salah satu perusahaan telekomunikasi dalam negeri yang telah siap 100 persen menyediakan jaringan 4G untuk masyarakat Indosat. Kesiapan Indosat menyambut era 4G ini bukan tanpa alasan. Pasalnya, operator "kuning" tersebut dikabarkan telah melakukan serangkaian persiapan sejak dua tahun lalu.

"Di frekuensi 1800Mhz, kami bakal all out. Persiapannya sudah dari dua tahun lalu, sekarang tinggal di-on-kan dan mulai tahun ini sudah siap dioperasikan sesuai kebijakan pemerintah," jelas Alexander Rusli, CEO PT Indosat Tbk.

Kendati pihaknya telah siap, tapi ada satu hal yang masih mengganjal penyambutan era 4G ini. Menurutnya, semua persiapan akan sia-sia jika ketersediaan perangkat yang mendukung teknologi 4G masih minim.

"Jangan sampai investasi jaringan yang tidak sedikit sudah dilakukan operator, namun nyatanya tidak didukung dengan kehadiran ponsel 4G. Artinya, teknologi ini tidak akan berjalan dengan baik sehingga kedua-duanya harus saling mendukung," ungkap Alex.

Untuk itu, Alex berharap pemerintah terus bersiap dan mendukung penggunaan teknologi 4G LTE hingga akhir tahun ini. Ia juga mengungkapkan, persiapan harus seimbang antara operator dengan ketersediaan ponsel yang mendukung teknologi 4G.

(brl/red)