CONNECT WITH US
Denny Mahardy |
 21 Mei 2016 12:00

Diuji, seberapa kuat jaringan Telkomsel di jalur mudik?

"Hasil pengujian yang dilakukan dari jalur Jakarta-Semarang terpantau bahwa tingkat kesuksesan akses jaringan mencapai 99,48 persen."

Diuji, seberapa kuat jaringan Telkomsel di jalur mudik?

Techno.id - Telkomsel membuktikan bahwa layanan telekomunikasi yang disediakannya telah siap menghadapi lonjakan trafik komunikasi di bulan Ramadan dan Idul Fitri. Perusahaan itu telah memprediksi semua layanan akan mengalami lonjakan dan terbesar ada di layanan data.

Pembuktian kesiapan jaringan Telkomsel dilakukan melalui drive test yang dilakukan di rute Jakarta-Semarang. Di sepanjang rute tersebut, terdapat 841 BTS (base transceiver station) yang terdiri dari 52 BTS 4G, 472 BTS 3G dan 317 BTS 2G yang bakal melayani kebutuhan komunikasi pelanggan Telkomsel.

"Hasil pengujian yang dilakukan dari jalur Jakarta-Semarang terpantau bahwa tingkat kesuksesan akses jaringan mencapai 99,48 persen," kata Hanang Setiohargo, Vice President Network Quality Management memberi paparan hasil uji jaringan di Novotel Hotel, Semarang.

Hanang juga menjelaskan durasi yang diperlukan untuk pembangunan panggilan selama 5,75 detik, dan tingkat kontinuitas panggilan mencapai 98,96 persen dengan kualitas suara 98,46 persen. Di sisi layanan data kecepatannya di kisaran 9.023 Kbps.

Sedangkan di jaringan 4G, hasil drive test yang dilakukan sepanjang jalur Jakarta-Semarang juga disebutkan menunjukkan kekuatan dan kualitas sinyal 4G Telkomsel yang secara umum berada di kategori baik. Pengujian menunjukkan kekuatan sinyal -84.73 dBm dan kualitas sinyalnya 11.69 dB.

Tim pengujian jaringan pun mencatat kualitas layanan data 4G yang diukur dengan pengunduhan pelbagai file menunjukkan hasil yang baik. Data memperlihatkan rata-rata kecepatan data throughput 13,27Mbps dan maksimum kecepatan data throughput adalah 62,17Mbps.

Di waktu yang bersamaan uji kesiapan jaringan Telkomsel dilakukan juga menggunakan jalur lain, Surabaya-Semarang. Drive test yang dilakukan anak usaha Telkom Group tersebut melalap 315 Km jalur lintasan di sepanjang Surabaya-Semarang.

Sepanjang jalur Surabaya-Semarang itu, Telkomsel telah menggelar sebanyak 735 BTS yang siap melayani aktivitas telekomunikasi pelanggan Telkomsel. Secara rinci infrastruktur yang tersedia di jalur itu antara lain 90 BTS 4G, 361 BTS 3G, dan 284 BTS 2G pemudik dari jalur timur.

Laporan hasil pengujian memperlihatkan tingkat kesuksesan akses jaringan 98,95 persen. Durasi yang diperlukan dalam pembangunan panggilan 5,24 detik dan kontinuitas panggilan 98,43 persen. Di kualitas suara terbilang baik dengan persentase 99,54 persen dan kecepatan data mencapai 8.300Kbps.

Secara khusus, layanan data berbasis 4G LTE di jalur ini umumnya menyandang kualitas baik dengan rata-rata kecepatan data throughput adalah 11,65Mbps dan maksimum kecepatan data throughput 63,47Mbps.

Melihat hasil pengujian jaringan yang dilakukan tersebut, Sukardi Silalahi sebagai Direktur Network Telkomsel meminta seluruh jajarannya bekerja sama demi meningkatkan kualitas layanan bagi pelanggannya. "Yang sudah baik, dijaga dan yang masih kurang agar terus ditingkatkan," jelas Sukardi.

Sukardi menyatakan Telkomsel berkomitmen untuk memastikan seluruh layanan berfungsi dengan baik dan dapat memenuhi kebutuhan komunikasi pelanggan. Telkomsel berharap bisa memenuhi semua kebutuhan pelanggan setelah menghadirkan layanan berbasis 4G LTE di lebih dari 100 kota/kabupaten.

WHAT TO READ NEXT ?