Berkat Telkom, sektor bisnis TIK di Indonesia makin dilirik

Berkat Telkom, sektor bisnis TIK di Indonesia makin dilirik

Techno.id - Sepak terjang PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) ternyata cukup menjanjikan. Buktinya, ekspansi BUMN yang satu ini sudah merambah 10 negara. Bahkan, berkat Telkom, Indonesia sudah dipandang sebagai ladang yang subur untuk investasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sekaligus pemain yang mumpuni di sektor tersebut.

Contoh saja anak usaha Telkom, yakni PT. Telekomunikasi Indonesia Internasional (Telin). Perusahaan yang berdiri tahun 1995 itu sudah memiliki anak cabang yang beroperasi di Singapura, Hong Kong, dan Malaysia. Di Negeri Singa, TelinSingapore sudah berhasil mendirikan pusat data di "Data Center Park", Jurong; hal yang tak mudah bagi perusahaan telekomunikasi internasional sekalipun.

"Kompetisi untuk masuk Singapura, yang menjadi 'hub' internet internasional, sulit sekali. Telkom bisa masuk di sana mengalahkan perusahaan global, patut dibanggakan," ujar Founder IndoTelko Forum, Doni Ismanto Darwin, pada Antara (17/06/15).

Lebih lanjut, Doni juga mengungkapkan pendapatnya kalau perusahaan telekomunikasi lokal lain bisa saja mengikuti jejak Telkom. Pasalnya, Telkom sudah membukakan kesempatan yang lapang dan menyadarkan dunia bahwa Indonesia juga bisa berkompetisi di industri ini.

"Bisnis TIK itu padat modal. Namun, perusahaan Indonesia bisa semakin diperhitungkan di sektor ini asalkan mendapat dukungan regulasi, pemodalan, dan ekosistem," tambahnya.

(brl/red)