WhatsApp sedang menguji fitur pembuatan foto profil bertenaga AI  

WhatsApp sedang menguji fitur pembuatan foto profil bertenaga AI  

Techno.id - Bukan rahasia lagi jika WhatsApp selalu menawarkan kemudahan dan kenyamanan bagi pengguna dengan berbagai fitur yang disematkan. Aplikasi perpesanan ini pun telah menguji banyak fitur baru yang menyentuh hampir setiap aspek komunikasi.

Sebut saja kemampuan untuk melihat pratinjau foto dan video dalam pesan yang disematkan, lalu ada juga opsi untuk menghapus pesan yang belum dibaca. Itu hanyalah sedikit dari beberapa fitur yang sedang diuji WhatsApp, tetapi masih banyak lagi.

Nah salah satu tambahan terbaru pada saluran beta WhatsApp adalah dengan melibatkan AI generatif. Seperti dilaporkan WABetaInfo, aplikasi perpesanan besutan Meta ini sedang mengerjakan fitur baru yang memungkinkan pengguna membuat foto profil bertenaga AI.

Saat ini fitur tersebut masih dalam pengembangan dan belum siap untuk pengujian beta. Artinya, meskipun kamu menggunakan WhatsApp versi beta, kemungkinan besar belum akan melihatnya.

WhatsApp sedang menguji fitur pembuatan foto profil bertenaga AI foto: wabetainfo

Namun berkat tangkapan layar dari WABetaInfo, setidaknya pengguna tahu cara kerja fitur tersebut. Fitur ini bekerja dengan prompt. Saat mengakses fitur ini, kamu akan diminta mendeskripsikan gambar yang diinginkan untuk dihasilkan AI. Kemudian, AI akan membuat foto profil khusus berdasarkan deskripsi yang kamu berikan.

Dengan foto profil yang diberdayakan AI, pengguna akan dapat membuat gambar unik dan dipersonalisasi yang mencerminkan kepribadian, minat, atau suasana hati mereka secara lebih akurat

Fitur ini diklaim akan meningkatkan privasi profil pengguna. Dengan menggunakan gambar yang dihasilkan AI, pengguna akan dapat menghindari berbagi foto asli, yang dapat mengurangi risiko penyalahgunaan atau berbagi gambar mereka secara tidak sah, meskipun fitur untuk mencegah tangkapan layar foto profil sudah menambahkan lapisan privasi untuk situasi ini.

Selain itu, fitur ini dapat berguna saat pengguna tidak yakin foto mana yang akan digunakan. Alih-alih menghabiskan waktu mencari atau mengambil gambar yang sempurna, pengguna cukup membuatnya dengan memberikan prompt.

Saat ini, kemampuan untuk menghasilkan foto profil yang didukung AI hanya terlihat di WhatsApp versi Android, tetapi kemungkinan Meta akan membawanya ke semua platform jika fitur tersebut akhirnya mendapat lampu hijau untuk diluncurkan.

(brl/red)