Waduh, komputer buatan Apple edisi pertama dibuang begitu saja!

Waduh, komputer buatan Apple edisi pertama dibuang begitu saja!

Techno.id - Cerita ini berawal dari seorang wanita yang meminta jasa penampungan barang bekas, Clean Bay Area, untuk membersihkan semua barang yang ada di gudangnya April lalu. Waktu itu, wanita yang sampai sekarang identitasnya belum jelas tersebut hanya ingin barang-barang milik suaminya yang telah meninggal diangkut dari dalam rumahnya.

Namun, ketika mereka menyortir setumpuk barang itu beberapa minggu kemudian, mereka pun terkejut karena mendapati seonggok unit Apple 1 berada di sana. Ya, benda yang diproduksi tahun 1976 itu adalah komputer pertama buatan Apple sepanjang sejarah.

Beberapa waktu lalu, Clean Bay Area telah menjual barang bersejarah itu dengan angka fantastis: Rp2,6 miliar! Sekarang, mereka pun sibuk mencari wanita itu untuk membagi rata hasil penjualan tersebut.

"Kami sedang mencari keberadaan wanita itu untuk memberikan bagiannya sebesar Rp1,3 miliar," ujar Victor Gichun, salah seorang pengelola jasa itu, pada MercuryNews.com (31/05/15).

Apple 1 sendiri waktu itu hanya diproduksi sebanyak 200 unit. Keberadaannya saat ini pun sangat langka. Di tahun 2013 lalu, populasi Apple 1 yang masih ada tersisa 63 unit saja.

(brl/red)