Twitter catatkan diri sebagai ladang iklan paling subur

Twitter catatkan diri sebagai ladang iklan paling subur

Techno.id - Pada akhir 2014 lalu, Twitter mencatatkan diri sebagai media sosial yang paling subur menghasilkan pundi-pundi rupiah dari para pengiklan. Meski hanya ada 60.000 pengiklan di akhir tahun lalu yang mempercayakan Twitter sebagai media iklannya, lebih kecil ketimbang Google yang mencapai 4 juta dan Facebook yang mencapai 2 juta pengiklan.

Tercatat oleh Macquarie Securities, Twitter mampu membukukan pendapatan dari pengiklan sebesar Rp 273 juta lebih besar ketimbang Google yang 'hanya' mengumpulkan pendapatan sebesar Rp 207 juta dan Facebook sebesar Rp 91 juta. Pendapatan fantastis media sosial berlambang burung ini didapatkan karena strategi marketing Twitter dalam menjaring pengiklan dengan merek ternama saja.

Twitter catatkan diri sebagai ladang iklan paling subur

Twitter sendiri dikenal sebagai media sosial yang paling detail dalam menargetkan sasaran iklan yang akan dipasang di media sosial tersebut. Twitter akan mengklasifikasikan iklan berdasarkan kepentingan, jenis kelamin, perangkat, keadaan geografi, serta kesamaan dengan pengikut yang ada. Bahkan, Twitter juga mematok harga untuk setiap klik, reply, retweet, atau favoriting tweet iklan yakni di kisaran Rp 6.490 sampai Rp 51.952 per keterlibatan. Selain itu, Twitter juga mematok harga hingga Rp 17.553 untuk setiap kampanye iklan yang ditayangkan pada menu pencarian mereka.

Seperti dikutip dari Business Insider (28/2/15), Samsung adalah salah satu contoh brand dunia yang membeli semua istilah pencarian iPhone selama perilisan seri 5 beberapa tahun yang lalu. Saat itu, Anda akan menemukan setiap iklan Samsung pada saat mengetikkan "iPhone", "iPhone 5", atau "Apple iPhone" pada menu pencarian di Twitter.

Twitter catatkan diri sebagai ladang iklan paling subur

(brl/red)