Ternyata ini rahasia di balik berubahnya warna kulit bunglon

Ternyata ini rahasia di balik berubahnya warna kulit bunglon

Techno.id - Anda pernah dengar kan, jika bunglon dapat mengubah warna kulit sesuai dengan lingkungannya. Ya, bunglon memang memiliki kelebihan itu sebagai perlindungan dari para pemangsa. Dalam ilmu pengetahuan, keistimewaan tersebut dinamakan mimikri. Lalu, tahukah Anda bagaimana bunglon dapat mengubah warna kulitnya?

Menurut info dari Gizmodo (11/03/15), bunglon dapat beradaptasi dengan mengubah warna kulit, disebabkan oleh suatu lapisan di dalam kulitnya. Lapisan yang menakjubkan ini menurut para peneliti dari University of Geneva merupakan sebuah lapisan tipis nanokristal yang terbuat dari guanin (salah satu unsur DNA).

Jadi, di balik kulit bunglon yang kasar tersebut ternyata tersimpan nanokristal yang dapat memantulkan cahaya. Tak hanya itu, lapisan ini juga memiliki ruang antar kristal yang berfungsi sebagai pengubah cahaya yang dipantulkan ke mata Anda.

Penelitian yang diterbitkan di jurnal Nature Communications ini juga mengungkapkan bahwa bunglon memiliki kemampuan mengubah warna berkat suatu lapisan sel yang disebut iridophore. Ketika seekor bunglon sedang mendapat gangguan dari sekitar, maka sel iridophore akan melebar sehingga nanokristal akan merefleksikan cahaya. Hal inilah yang menjadikan bunglon dapat berubah warna.

(brl/red)