Telkomsel hadirkan teknologi teranyar berbasis LTE

Telkomsel hadirkan teknologi teranyar berbasis LTE

Techno.id - Guna menghadirkan pengalaman teknologi terbaru 4G kepada pengguna, Telkomsel sebagai salah satu operator seluler di Indonesia mencoba menghadirkan layanan komunikasi VoLTE (Voice over LTE) dan Wi-Fi Calling (Voice over Wi-Fi-VoWiFi).

"Teknologi Wi-Fi Calling ini lebih jernih dari 2G atau 3G dan tidak melalui BTS namun memakai Wi-Fi. Kelebihan dari Wi-Fi Calling atau Volte ini akan jadi value sendiri," ujar Ivan Permana selaku Vice President Technology & System Telkomsel.

Jika di konversi dengan teknologi 4G, teknologi baru ini diklaim dapat melakukan komunikasi menggunakan jaringan 4G maupun jaringan Wi-Fi dengan kemampuan seamless handover dari 4G ke Wi-Fi (atau sebaliknya) untuk memastikan hasil kualitas suara terbaik.

Terkait penerapan teknologi teranyar ini, Adita Irawati selaku VP Corporate Communication Telkomsel mengungkapkan bahwa peluncuran teknologi baru ini rencananya akan dilakukan dalam waktu dekat, yakni di antara kuartal ketiga dan keempat tahun ini.

"Diharapkan tahun ini bisa berlanjut. Ya, kalau tidak di kuartal tiga ya kuartal empat. Dalam waktu dekat akan diluncurkan namun masih dikaji dan perlu persiapan khusus," terangnya.

Ketika ditanya soal tarif yang dikenakan, Ivan enggan berkomentar lebih jauh karena beralasan masih dalam tahap uji coba. Ia hanya menjelaskan, "Ini platformnya data jadi untuk volume data dalam waktu satu menit sekitar 500Kbps."

Adapun dalam proses penggunaannya, dibutuhkan beberapa fitur yang perlu dihidupkan yakni Network Functions Virtualization (NFV). Dengan teknologi terbaru ini memungkinkan untuk penginstalan. Sementara itu, teknologi ini baru dapat digunakan di perangkat iPhone 6 dan Samsung Galaxy S6.

(brl/red)