Satu keluarga berhasil diselamatkan dari kebakaran besar di Maui berkat menggunakan fitur SOS Apple

Satu keluarga berhasil diselamatkan dari kebakaran besar di Maui berkat menggunakan fitur SOS Apple

Techno.id - Fitur konektivitas satelit Emergency SOS Apple, yang memulai debutnya pada November lalu, berperan penting dalam berbagai penyelamatan dramatis, termasuk menyelamatkan nyawa.

Baru-baru ini, seperti dilansir dailymail, fitur ini membantu sebuah keluarga yang berjuang untuk menyelamatkan diri dari kebakaran yang melanda Maui, Hawaii. Insiden ini terjadi ketika kerabat Michael J Miraflor dan keluarganya sedang berlibur di daerah Lahaina, Maui. Nahas, saat berlibur keluarga tersebut justru dikelilingi kobaran api. Mereka pun berusaha menyelamatkan diri.

Meskipun berada di lokasi pusat wisata, saat itu sistem jaringan selular tidak berfungsi karena kebakaran telah melahap infrastruktur sistem telekomunikasi. Penduduk setempat bahkan kehilangan akses ke layanan darurat 911 karena jaringan telepon terputus.

Satu keluarga berhasil diselamatkan dari kebakaran besar di Maui berkat menggunakan fitur SOS Apple Tangkapan layar chat keluarga yang terjebak kebakaran di Maui (foto: twitter via dailymail)

Lima orang anggota keluarga yang berada di dalam sebuah van putih tidak dapat meminta bantuan setelah menara telepon seluler mati. Kondisi ini membuat ribuan orang tidak memiliki cara untuk menghubungi layanan darurat atau kerabat.

Meskipun tidak memiliki layanan selular, keluarga tersebut dapat menghubungi layanan darurat menggunakan sistem satelit Apple. Fitur ini tersedia di semua model iPhone 14.

Dengan menggunakan layanan SOS berbasis satelit iPhone 14, mereka dapat mengirim pesan untuk meminta bantuan. Diperlukan waktu sekitar 34 menit untuk berkomunikasi antara iPhone 14, pusat pengiriman SOS Darurat Apple, dan pihak berwenang setempat sebelum penyelamatan berhasil dilakukan.

Dalam sebuah cuitan, Miraflor mengatakan keluarganya terjebak di dalam kendaraan di Maui saat kebakaran hutan tiba-tibaterjadidi sekitar mereka. Tidak ada layanan selular, jadi Apple Emergency SOS adalah satu-satunya cara agar mereka dapat menghubungi responden pertama.

Satu keluarga berhasil diselamatkan dari kebakaran besar di Maui berkat menggunakan fitur SOS Apple Fitur Apple SOS (foto: apple)

Tangkapan layar dari percakapan yang dicatat Apple satelit menunjukkan bahwa keluarga tersebut dapat memberikan lokasi dan deskripsi kendaraan mereka. Bahkan mereka dapat mengirimkan titik lokasi yang tepat. Lokasi dan percakapan mereka juga dibagikan kepada kontak darurat yang mereka daftarkan, agar mereka tetap mendapatkan informasi terbaru tentang situasi tersebut.

Layanan darurat kemudian memberi tahu pemadam kebakaran untuk mengirimbantuan ke lokasi mereka, setelah diberitahu bahwa mereka tidak dapat mencapai lautan dan jarak pandang nol.

Butuh waktu 32 menit untuk mengatasi situasi tersebut. Akhirnya para petugas berhasil menemukan mobil tersebut setelah mereka menyalakan lampu bahaya dan segera dievakuasi dari area tersebut.

(brl/red)