Samsung siapkan headset Galaxy XR, hasil kolaborasi dengan Google dan Qualcomm

Samsung siapkan headset Galaxy XR, hasil kolaborasi dengan Google dan Qualcomm

Techno.id - Beberapa waktu lalu, dunia headset XR dan VR mengalami lompatan besar. Hal itu karena headset Apple Vision Pro diluncurkan yang menandai langkah pertama merek ini masuk ke arena tersebut.

Reaksinya beragam. Beberapa orang menikmati formatnya dan menghargai upaya yang dilakukan Apple untuk memasukkan teknologi ke dalam paket perangkat tersebut. Apple memasarkan perangkat ini sebagai komputer spasial dan bukan sebagai headset mixed reality semata. Namun, ada juga yang merasa keberatan, terutama soal harga.

Sekarang, sebuah konsorsium raksasa teknologi berkumpul untuk menciptakan perangkat saingan. Samsung, Google dan Qualcomm mengisyaratkan niat mereka untuk memproduksi perangkat XR. Seperti dilaporkan ZDNet, proyek ini terungkap di Seoul baru-baru ini, setelah acara Samsung Galaxy Unpacked.

Saat itu Samsung Head of Mobile Experience, TM Roh memberikan isyarat bahwa perangkat ini akan diluncurkan tidak lama lagi. Proyek ini sebenarnya sudah berjalan lama. Bahkan, perangkat ini sudah pernah diumumkan pada Februari 2023 lalu. Namun kabarnya proyek ini tertunda setelah pengumuman Apple Vision Pro.

Sayangnya, masih sedikit informasi mengenai konsep dan bocoran spesifikasi perangkat ini. Namun Roh dalam sebuah kesempatan pernah berujar bahwa perangkat ini akan menjadi bagian dari ekosistem XR.

Tampaknya, perangkat ini akan mengambil pendekatan yang sama untuk pasar ponsel Android. Di mana sistem operasi Android yang dibuat Google, kini tersedia untuk berbagai produsen. Hal yang sama juga terjadi pada chip QualcommSnapdragon 8 Gen 2 yang dapat ditemukan di hampir semua perangkat flagship. Artinya jika konfigurasi tersebut diterapkan pada headset XR, maka hal tersebut akan menjadi perbedaan besar di dunia XR dan VR. Kita tunggu saja.

(brl/red)