5 Penyebab suara headset mengecil dan cara mengatasinya

5 Penyebab suara headset mengecil dan cara mengatasinya

Techno.id - Menggunakan headset sudah menjadi pemandangan lazim saat ini. Meski kini semakin banyak True Wireless Stereo (TWS) di pasaran, namun headset tetap tidak tergantikan. Apalagi untuk digunakan saat bermain game.

Suara headset yang dibekali speaker lebih besar dinilai memiliki suara yang lebih nendang ketimbang TWS. Saat ini pun banyak pilihan headset, baik yang masih menggunakan kabel maupun nirkabel.

Namun tidak jarang pengguna mengalami masalah saat menggunakan headsetyakni suara yang kecil sebelah atau suaranya semakin lemah meski volume sudah dinaikkan.

Ada juga yang mengalami suara mengecil pada dua sisi speaker. Tentu saja kondisi ini membuat kurang nyaman saat menggunakan headset tersebut. Ada baiknya kamu mengetahui penyebab dan cara mengatasi masalah tersebut.

1. Keruskan pada kabel

5 Penyebab suara headset mengecil dan cara mengatasinya foto: freepik.com

Untuk headset yang masih menggunakan kabel, biasanya kondisi suara melemah baik pada satu sisi maupun kedua sisi speaker, biasanya disebabkan kabel mengalami kerusakan. Bisa saja kabel tersebut putus di bagian dalam.

Hal ini bisa terjadi karena kebiasan menggulung kabel yang buruk, kusut, atau masa pakai sudah cukup lama sehingga kabel tersebut rentan rusak. Jika sudah diketahui bagian kabel yang mengalami kerusakan, sebaiknya kamu menggantinya dengan kabel baru.

2. Kerusakan pada konektor

5 Penyebab suara headset mengecil dan cara mengatasinya foto: freepik.com/vecstock

Selain kabel, kerusakan juga bisa disebabkan konektor (jack). Hal ini bisa terjadi karena konektor sering pasang-cabut yang membuat bagian depan konektor aus sehingga longgar saat dimasukkan ke lubang jack.

Karena itu sebaiknya headset tersebut selalu terpasang pada perangkat sumber suara. Ada baiknya kamu mengganti jack headset jika diketahui sudah rusak.

Magang : Zadun Naja

(brl/red)