Saat diuji, kecepatan jaringan 5G Huawei capai 3,6Gbps

image

Techno.id - Dalam beberapa tahun ke depan, nampaknya dominasi jaringan 4G sebagai konektivitas transfer termutakhir akan segera terganti. Pasalnya, sejumlah vendor, seperti Huawei, terus mencoba inovasi penciptaan jaringan 5G mereka. Terakhir, Huawei bersama Docomo, operator seluler asal Jepang, mengklaim telah sukses dalam uji coba lapangan akses radio 5G dalam skala besar.

Dalam trial yang dilakukan di area publik itu, jaringan 5G Huawei dapat mencapai peak speed hingga 3,6Gbps. Jika dibandingkan dengan kecepatan rata-rata jaringan 4G LTE tercepat yang hanya 18Mbps, bisa ditarik kesimpulan kalau jaringan 5G Huawei terbilang 200 persen lebih cepat.

Perusahaan asal Tiongkok itu turut mencanangkan bahwa mereka akan meluncurkan jaringan 5G pertamanya pada 2018, lalu disempurnakan lagi hingga 2019, dan pada 2020 diluncurkan secara komersial.

"Hasil seperti ini menunjukkan bahwa kita membuat perkembangan yang cepat dan berada di jalur yang tepat," Dr. Wen Tong, CTO Huawei Wireless Networks, meluapkan optimismenya, seperti dikutip dari rilis pers Huawei (10/10/15).

Selain Huawei, ada juga perusahaan teknologi lain yang juga mengincar pengembangan jaringan 5G, yakni ZTE. Beberapa bulan lalu, kompatriot Huawei itu mengembangkan teknologi Multi-User Shared Access (MUSA), yaitu algoritme yang mampu meningkatkan kapasitas maksimal jaringan nirkabel hingga tiga kali lipat. Ada juga Samsung yang bersekutu dengan LG U+ untuk mengembangkan teknologi 5G bersama-sama.

(brl/red)