Qualcomm perkenalkan Snapdragon 7 Gen 3 yang bakal tenagai ponsel kelas menengah pada 2024

Qualcomm perkenalkan Snapdragon 7 Gen 3 yang bakal tenagai ponsel kelas menengah pada 2024

Techno.id - Qualcomm mengumumkan Snapdragon 7 Gen 3, chip kelas menengah terbarunya. Chip terbaru ini merupakan penerus dari Snapdragon 7+ Gen 2.

Chip baru ini memiliki CPU yang dapat mencapai kecepatan 2,63 GHz, sekitar 15% lebih cepat dari chipset kelas menengah generasi sebelumnya. Chip ini juga hadir dengan kinerja GPU yang lebih cepat 50% dari pendahulunya.

Qualcomm juga mempromosikan kemampuan AI chip dengan cara yang sama seperti yang dilakukannya pada 8 Gen 3, di mana chip ini memiliki kinerja AI per watt yang ditingkatkan 60% dibanding pendahulunya.

Chip ini dibuat dalam proses 4nm, membuatnya sangat efisien. Tambahan lainnya termasuk dukungan untuk kamera hingga 200MP, RAM 16GB, Wi-Fi 6E, dan Bluetooth 5.3, serta perekaman video 4K 60fps. Chip ini juga memiliki dukungan seperti Qualcomm Quick Charge 5, yang dapat mengisi daya ponsel dari 0 hingga 50% dalam lima menit.

Chip ini kabarnya dirancang untuk memberi daya pada beberapa ponsel kelas menengah 2024, meskipun belum mengetahui ponsel tertentu yang akan menggunakannya.

Samsung biasanya menggunakan chip Exynos sendiri untuk ponsel kelas menengah seri-A. Mungkin perusahaan seperti Xiaomi, Oppo, dan Motorola bakal melirik chip ini. Sementara Apple menggunakan chipsetnya sendiri untuk semua model iPhone dan iPad, seperti halnya komputer Mac terbaru.

(brl/red)