5 Keunggulan chipset terbaru Qualcomm, Snapdragon 8 Gen 3 yang didukung AI engine

 5 Keunggulan chipset terbaru Qualcomm, Snapdragon 8 Gen 3 yang didukung AI engine

Techno.id - Qualcomm baru-baru ini mengumumkan peluncuran chipset terbarunya, Snapdragon 8 Gen 3. Chipset ini menawarkan serangkaian inovasi yang menjanjikan untuk mengubah lanskap perangkat selular, dengan beberapa keunggulan.

Dalam laman resminya, Qualcomm mengklaim bahwa Snapdragon 8 Gen 3 Mobile Platform membuka berbagai kemungkinan tanpa bataskarena chipset ini sudah didukung AI Engine.

Selain itu chipset ini juga didukung Snapdragon Game Super Resolution yang meningkatkan resolusi game setinggi 8K tanpa memengaruhi masa pakai baterai atau kinerja. Lantas apa saja keunggulan chipset ini? Berikut 5 keunggulan chipset Snapdragon 8 Gen 3 menurut versi Techno.id, Kamis (26/10).

1. Kinerja luar biasa

 5 Keunggulan chipset terbaru Qualcomm, Snapdragon 8 Gen 3 yang didukung AI engine   foto: freepik

Snapdragon 8 Gen 3 adalah chipset yang didukung prosesor octa-core yang kuat, yang mencakup empat core Gold dan empat core Silver berdasarkan arsitektur ARM Cortex-X2 dan Cortex-A710.

Chipset ini juga memiliki GPU Adreno 730 yang diklaim Qualcomm mampu menghadirkan pengalaman gaming yang belum pernah terjadi sebelumnya. Kombinasi CPU dan GPU yang canggih ini menawarkan kinerja yang luar biasa untuk perangkat selular, termasuk smartphone dan tablet.

2. Kecepatan koneksi 5G yang maksimal

 5 Keunggulan chipset terbaru Qualcomm, Snapdragon 8 Gen 3 yang didukung AI engine   foto: freepik/katemangostar

Snapdragon 8 Gen 3 didukung modem Snapdragon X70 5G yang mampu mencapai kecepatan unduh hingga 10 Gbps. Ini memungkinkan pengguna mengunduh konten, streaming video, dan bermain game online dengan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Selain itu, modem ini mendukung spektrum 5G Sub-6 dan mmWave, sehingga perangkat dengan chipset ini siap untuk masa depan teknologi 5G.

3. Kualitas gambar yang luar biasa

 5 Keunggulan chipset terbaru Qualcomm, Snapdragon 8 Gen 3 yang didukung AI engine   foto: freepik/vecstock

Qualcomm juga telah meningkatkan kemampuan fotografi chipset ini dengan memasukkan Spectra 690 ISP. Ini memungkinkan perangkat yang menggunakan Snapdragon 8 Gen 3 untuk mengambil foto dan video dengan kualitas gambar yang sangat tinggi, bahkan dalam kondisi cahaya yang rendah. Dukungan untuk pengambilan gambar 8K dan pemrosesan gambar AI lebih lanjut meningkatkan pengalaman pengguna dalam hal fotografi.

4. Kecerdasan buatan (AI) yang superior

 5 Keunggulan chipset terbaru Qualcomm, Snapdragon 8 Gen 3 yang didukung AI engine   foto: freepik

Chipset ini dilengkapi dengan Hexagon 8 AI Engine, yang memungkinkan perangkat melakukan tugas-tugas kecerdasan buatan dengan kecepatan dan efisiensi tinggi. Ini berarti perangkat yang menggunakan Snapdragon 8 Gen 3 dapat mengenali pola pengguna, memperbaiki pengalaman pengguna, dan bahkan membantu dalam pemrosesan gambar dan pengenalan suara.

5. Daya tahan baterai yang lebih baik

 5 Keunggulan chipset terbaru Qualcomm, Snapdragon 8 Gen 3 yang didukung AI engine   foto: freepik/rawpixel.com

Dalam upaya untuk mengoptimalkan daya baterai, Qualcomm telah mengintegrasikan teknologi yang memungkinkan chipset ini menghemat daya dengan cerdas. Dengan manajemen daya yang lebih baik, Snapdragon 8 Gen 3 dapat memberikan pengguna waktu pemakaian yang lebih lama, bahkan dengan penggunaan yang intens.

Snapdragon 8 Gen 3 diharapkan akan menjadi pilihan utama bagi produsen perangkat selular terkemuka di seluruh dunia. Dengan kinerja tinggi, konektivitas 5G yang cepat, kemampuan fotografi yang luar biasa, dan kecerdasan buatan yang superior, chipset ini menandai perkembangan besar dalam industri chipset selular.

Qualcomm mengumumkan bahwa beberapa produsen perangkat selular terkemuka telah berkomitmen untuk menggunakan chipset ini dalam produk-produk terbaru mereka, dan diharapkan perangkat dengan Snapdragon 8 Gen 3 akan tersedia bagi konsumen dalam beberapa bulan ke depan. Dengan demikian, pengguna perangkat selular dapat mengantisipasi pengalaman yang lebih canggih dan terhubung dengan baik dalam waktu yang tidak lama lagi.

(magang/rama prameswara)

(brl/red)