Prosesor Dimensity 9300 baru MediaTek diklaim dapat meningkatkan AI smartphone

Prosesor Dimensity 9300 baru MediaTek diklaim dapat meningkatkan AI smartphone

Techno.id - Kecerdasan buatan (AI) tampaknya ada dalam segala aspek akhir-akhir ini. Karena itu chip baru yang dirancang khusus untuk AI akan meningkatkan kemampuannya, termasuk untuk smartphone Android. Perangkat bisa menjadi lebnih pintar dengan memanfaatkan potensi penuh AI.

Baru-baru ini MediaTek mengumumkan chip mobile Dimensity 9300 untuk perangkat Android yang dibangun dengan pemrosesan AI on-chip. MediaTek menyatakan prosesor AI APU 790 yang terintegrasi ke dalam chip ini akan memungkinkan pemrosesan AI generatif yang lebih cepat dan lebih efisien pada perangkat.

MediaTek mengklaim teknologi prosesor APU 790 mengurangi konsumsi daya proses AI generatif hingga 45 persen dan dapat memproses permintaan AI hingga 8 kali lebih cepat daripada chip generasi sebelumnya.

Selain itu chip ini mendukung berbagai model bahasa besar, termasuk Meta's Llma 2, Baichuan 2, Baidu AI LLM, dan lainnya. Dengan chip ini memungkinkan pengguna memanfaatkan pengalaman AI dalam musik, gambar, dan teks secara lebih efektif.

Prosesor Dimensity 9300 baru MediaTek diklaim dapat meningkatkan AI smartphone foto: mediatek

Selain dukungan AI yang disediakan prosesor APU 790, chip Dimensity 9300 juga berisi GPU Arm Immortalis G720, yang akan memberikan peningkatan kinerja GPU sebesar 46 persen dan pengurangan konsumsi daya GPU sebesar 40 persen tanpa mengurangi kualitas kinerjanya. Hasilnya, menurut MediaTek, Dimesity 9300 akan memberikan efek pencahayaan global setingkat konsol pada 60 FPS yang mulus.

Selain itu, chipset yang kuat ini memungkinkan pengguna melakukan multi-tasking dengan lancar sehingga mereka dapat bermain game dan streaming video pada saat yang sama atau menonton video lain sambil bermain game.

MediaTek juga menjanjikan kecepatan tampilan yang lebih cepat, konektivitas 5G yang mulus, dan memori yang lebih cepat dengan Dimensity 9300. Kabarnya prosesor ini akan tersedia pada perangkat Samsung, OnePlus, dan Nokia, serta merek dan perangkat lainnya.

(brl/red)