Perusahaan ini kembangkan layar baru untuk Steamdeck dengan resolusi yang lebih tinggi

Perusahaan ini kembangkan layar baru untuk Steamdeck dengan resolusi yang lebih tinggi

Techno.id - Layar menjadi salah satu kelemahan dari konsol Steamdeck. Layar handheld ini nyatanya memiliki spesifikasi dan performa yang berada di bawah pesaingnya. Dilansir dari store.steampowered, Steamdeck menggunakan layar berukuran 7-inch dengan resolusi 1280 x 800 pixel.

Layar dengan panel IPS ini memiliki refresh rate sebesar 60Hz dengan kecerahan 400 nits. Sebagai perbandingan, sepeti dilansir dari laman resmi ASUS, ROG Ally dengan layar berukuran sama memiliki resolusi 1920 x 1080 pixel, refresh rate 120Hz, dan kecerahan hingga 500 nits.

Perusahaan ini kembangkan layar baru untuk Steamdeck dengan resolusi yang lebih tinggi foto: purepc.pl

Alasan inilah yang membuat perusahaan bernama FX Technology mengembangkan DeckHD, pengganti layar aftermarket untuk Steamdeck. Layar pihak ketiga Steamdeck ini memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan layar standar Steamdeck.

Resolusi layar ini adalah 1920 x 1080 pixels. DeckHD juga memiliki akurasi warna yang lebih baik dari layar standar Steamdeck. Layar ini memiliki 95% sRGB coverage di mana spesifikasi ini lebih tinggi dari spesifikasi standar layar steamdeck yang hanya memiliki 67% sRGB coverage.

Perusahaan ini kembangkan layar baru untuk Steamdeck dengan resolusi yang lebih tinggi foto: deckhd.com

Adanya layar ini tentu menjadi jawaban atas kelemahan layar Steamdeck. Namun FX Technology belum memberikan informasi resmi mengenai kapan DeckHD akan dirilis. Namun pengguna dapat mendaftar pada waiting list.

Sampai saat ini juga belum terdapat informasi mengenai berapa harga DeckHD. Namun beberapa bocoran menyebutkan DeckHD akan dibandrol pada kisaran USD 99 (atau sekitar Rp 1,4 juta).

Magang: Nabiel Mumtaz Zaydane Firdaus

(brl/red)