Oppo resmi luncurkan ColorOS 14, dibekali serangkaian fitur cerdas bertenaga AI

Oppo resmi luncurkan ColorOS 14, dibekali serangkaian fitur cerdas bertenaga AI

Techno.id - Oppo resmi meluncurkan ColorOS 14 versi global. Sebagai salah satu sistem operasi pertama yang berbasis Android 14, ColorOS 14 memperkenalkan Desain Aquamorphic yang dioptimalkan, fitur cerdas bertenaga AI untuk meningkatkan efisiensi, peningkatan teknologi untuk menawarkan performa yang sangat mulus, dan mudah digunakan untuk keselamatan dan perlindungan privasi.

Sejak peluncuran ColorOS pada tahun 2013, saat ini ColorOS memiliki lebih dari 600 juta pengguna aktif bulanan di seluruh dunia, meningkatkan kehidupan pengguna global melalui pengalaman yang lebih cerdas dan lancar.

UI yang lebih ringkas dan intuitif

Oppo resmi luncurkan ColorOS 14, dibekali serangkaian fitur cerdas bertenaga AI foto: oppo

Terinspirasi air, Oppo memperkenalkan bahasa desain baru Aquamorphic Design di ColorOS 13 kepada pengguna, menghadirkan hubungan harmonis antara manusia dan teknologi. Dikembangkan berdasarkan ColorOS 13 yang sukses meraih penghargaan, ColorOS 14 mengoptimalkan Desain Aquamorphic dengan efek suara baru, sistem warna, interaksi, dan masih banyak lagi untuk memberikan pengalaman menggunakan smartphone yang lebih ringkas dan intuitif.

Suara adalah faktor yang memainkan peran penting dalam memberikan pengalaman intuitif kepada pengguna. Oppo bermitra dengan akademi profesional untuk mempelajari preferensi audio pengguna dan berkolaborasi dengan tim desain suara terkemuka dunia, Sonic Minds dan epicsound untuk menghadirkan efek suara baru ke ColorOS 14. Efek suara ini mencakup sepuluh set nada dering bertema Aquamorphic untuk panggilan, alarm, dan notifikasi, termasuk tujuh desain suara UI untuk memberikan pengalaman audio yang harmonis kepada pengguna di seluruh perangkat Oppo.

ColorOS 14 menghadirkan sistem Aquamorphic Colouring yang dapat secara cerdas beradaptasi dengan status dan waktu pada smartphone. Dengan mencocokkan warna dengan konteks secara cerdas, sistem pewarnaan dinamis ini membuat penerimaan dan pemahaman informasi jauh lebih efektif dan intuitif dalam memberikan pengalaman pengguna yang nyaman.

Desain Aqua Dynamics terbaru yang diperkenalkan di ColorOS 14 memungkinkan interaksi yang lebih intuitif bagi pengguna. Fitur ini mengintegrasikan interaksi umum ke dalam bentuk gelembung, kapsul, dan panel lebih dari sekadar status bar biasa untuk menyajikan informasi yang mengalir dan menyatu secara alami yang minim gangguan.

Sehubungan dengan fitur Always-On Display yang memenangkan penghargaan, yaitu Homeland, yang menggambarkan pemandangan hewan liar di alam yang menakjubkan, ColorOS 14 terus menyempurnakan fitur ini dengan memperkenalkan Always-On Display GO Green baru untuk meningkatkan kesadaran pengguna tentang perubahan iklim dan perlindungan lingkungan.

Meningkatkan efisiensi dengan fitur cerdas bertenaga AI

Oppo resmi luncurkan ColorOS 14, dibekali serangkaian fitur cerdas bertenaga AI foto: oppo

Saat ini, AI telah memainkan peran penting dalam meningkatkan efisiensi. ColorOS 14 dibekali dengan serangkaian fitur cerdas bertenaga AI yang sangat mumpuni untuk membantu pengguna meningkatkan efisiensi aktivitasnya sehari-hari.

Smart Touch bertenaga AI memungkinkan pengguna untuk memilih konten seperti teks, gambar, dan video dari sistem serta aplikasi pihak ketiga2 dan menyimpannya dalam File Dock, atau bahkan menggabungkannya ke dalam satu catatan secara ringkas, cukup dengan isyarat (gesture) select and drag konten tersebut.

File Dock baru di Smart Sidebar memungkinkan pengguna untuk berbagi konten di seluruh aplikasi dengan lebih mudah melalui split screen, floating windows, atau Dock itu sendiri. Konten dapat disimpan secara otomatis di File Dock dan dapat disinkronkan di berbagai perangkat seperti smartphone dan tablet untuk meningkatkan produktivitas.

Smart Image Matting adalah fitur pertama dalam smartphone yang memungkinkan pengguna untuk memotong beberapa subjek seperti orang dan hewan dari satu gambar atau video yang dijeda. Pengguna dapat mengedit potongan konten dalam mode File Pocket, File Dock, dan split screen, berbagi dengan teman, atau menggunakan potongan konten tersebut untuk mempersonalisasi wallpaper atau poster.

(brl/red)