Mobil tanpa awak Google akan di uji di luar California

Mobil tanpa awak Google akan di uji di luar California

Techno.id - Proyek mobil tanpa awak Google semakin menunjukkan perkembangan yang signifikan. Pasalnya kini Google telah berani mengujinya ke luar California.

Dilansir oleh 9to5google.com (01/09/15), Google kini telah menyiapkan beberapa mobil tanpa awaknya untuk berjalan di Texas tepatnya di Austin. Mobil-mobil yang akan 'dilepas' ini tetap akan dikawal oleh pengemudi manusia untuk mengawasi sistem berjalan dengan baik.

Hal ini diketahui setelah Google memposting pernyataannya pada akun Google+ nya.

"Pekan ini Walikota Steve Adler telah menyetujui mobil prototipe kami dibawa ke kota (Austin) untuk pengujian. Dalam beberapa minggu ke depan, mobil tanpa awak ini akan menavigasi daerah utara dan timur laut dari pusat kota di mana kendaraan Lexus tanpa awak ini akan beroperasi," tulis Google di kutip dari Google+.

Sebelumnya, kendaraan tanpa awak milik Google ini tercatat telah mengalami 13 kali kecelakaan saat berjalan di jalan Mountain View. Walaupun begitu, semua kecelakaan yang dialami bukanlah kesalahan dari mobil ini.

Namun, mobil ini juga telah berhasil menghindari kecelakaan karena kesalahan dari pengemudi lain.

Sementara itu, Google menargetkan pada 2020 mobil pintar ini akan bisa dipasarkan. Untuk itu, kabarnya Google akan bekerja sama dengan produsen mobil seperti GM, Ford, Volkswagen, dan Daimler.

(brl/red)