Di masa yang akan datang, pesawat VTOL adalah hal biasa

Di masa yang akan datang, pesawat VTOL adalah hal biasa

Techno.id - Sebenarnya, teknologi VTOL atau Vertical Takeoff and Landing telah lama diterapkan dalam dunia penerbangan. Adalah pesawat T2 Harrier buatan Inggris yang pertama menggunakannya untuk kepentingan militer pada tahun 90an.

Namun teknologi yang digunakan saat itu adalah dengan menggunakan pendorong roket. Berbeda dengan yang dilansir oleh Popular Science pada hari Sabtu (29/08/15), pesawat di masa yang akan datang akan menggunakan teknologi VTOL yang lebih ramah lingkungan.

Menggunakan rotor yang bisa bergerak sesuai arah yang dituju, teknologi ini bakal diterapkan untuk pesawat penumpang. Tentu saja jika benar diterapkan, bandar udara juga bisa mengefisiensi landas pacu bagi pesawat-pesawat yang hendak takeoff maupun landing.

Namun impian itu tak lami lagi akan segera terwujud. Sebuah prototype pesawat penumpang dengan 5 seat sedang diuji coba di Denver. Bernama TriFan 600, pesawat ini menggunakan rotor besar untuk mengakomodir VTOL.

Pesawat ini sanggup menempuh jarak 1931 km dengan kecepatan 643 km/h dan ketinggian 900 meter. Apakah pesawat ini bakal diproduksi massal dan digunakan banyak maskapai? Kita tunggu saja perkembangannya lebih lanjut.

(brl/red)