Toyota klaim teknologi mesin Dual VVT-i ramah lingkungan

Toyota klaim teknologi mesin Dual VVT-i ramah lingkungan

Techno.id - Sebagai bagian dari komitmen perusahaan, Toyota Astra Motor (TAM) kembali memperkenalkan teknologi ramah lingkungan bernama Dual VVT-i di beberapa produk terbarunya. Sebut saja di antaranya seperti Grand New Avanza dan Veloz.

Rahmat Samulo, Direktur Pemasaran TAM mengatakan bahwa Toyota telah memiliki beberapa teknologi ramah lingkungan seperti mesin hybrid, fuelcell hidrogen dan listrik. Namun mesin Dual VVT-i juga merupakan salah satunya karena irit bahan bakar (minim emisi).

"Sebenarnya produk hijau kami bukan hanya yang bermesin hybrid, hidrogen dan listrik. Tetapi juga Dual VVT-i karena konsumsi bahan bakar yang irit," ujarnya sebagaimana dikutip dari Antara, Minggu (30/08).

"Ini (mesin Dual VVT-i) adalah salah satu upaya Toyota secara bertahap untuk memperkenalkan teknologi hijau. Jadi tidak secara langsung mengarah ke teknologi hybrid," sambungnya.

Menurutnya, pihak Toyota akan terus melaksanakan proyek mobil hybrid meskipun segmen tersebut tidak seluas mobil dengan mesin konvensional atau Dual VVT-i. Namun yang pasti, pihak Toyota akan terus mengembangkan teknologi ramah lingkungan secara bertahap.

Untuk saat ini, beberapa mobil Toyota yang sudah menerapkan teknologi ramah lingkungan di antaranya seperti Toyota Prius, Camry dan Alphard Hybrid. Selain itu, juga ada Toyota Mirai yang berbahan bakar hidrogen dan i-Road berpenggerak listrik.

(brl/red)