Pakai plugin ini, ChatGPT dapat langsung digunakan di Windows tanpa harus masuk web browser

Pakai plugin ini, ChatGPT dapat langsung digunakan di Windows tanpa harus masuk web browser

Techno.id - ChatGPT bakal dapat digunakan langsung pada sistem operasi Windows. Melalui plugin yang terintegrasi dengan Microsoft PowerToys Run, pengguna dapat mengakses ChatGPT tanpa harus menggunakan web browser.

Pengguna bisa memanfaatkan PowerToys Run untuk membantu mencari dan membuka aplikasi secara instan, sekilas mirip seperti Windows Run. Untuk menggunakan fitur ini, pengguna cukup menggunakan kombinasi Alt+Space dan mengetikkan hal yang diinginkan.

Plugin ini dikembangkan Simone Franco. Dilansir dari laman resmi github milikknya, Franco membuat purwarupa plugin ini untuk mengintegrasikan ChatGPT dengan PowerToys Run. Menurutnya, pengembangan plugin ini diterima dengan baik oleh Microsoft. Bahkan Franco mengaku jika ia dikontak langsung Project Manager Microsoft PowerToys Clint Rutkas untuk membahas plugin ini. Menurut Franco, plugin ini juga akan tersedia sebagai community plugin.

Pakai plugin ini, ChatGPT dapat langsung digunakan di Windows tanpa harus masuk web browser foto: github.com/Microsoft/unsplash.com

Dilansir dari windowscentral, pengguna diharuskan memiliki OpenAI API Key untuk menggunakan plugin ini. Pengguna harus mengaktifkan PowerToys Run terlebih dahulu. Setelah itu, ketikkan "??" (tanpa tanda petik) dan diikuti kata kunci yang diakhiri dengan ?.

Setelah itu, klik enter dan tunggu respons dari ChatGPT. Dilansir dari tomshardware, penggunaan plugin ini pada PowerToys Run akan sangat mudah dan juga intuitif.

Plugin ini masih dalam tahap pengembangan awal. Maka dari itu, masih perlu mengalami penyempurnaan dan perbaikan. Dilansir dari tomshardware, terdapat beberapa hal penting yang masih perlu diperbaiki plugin ini seperti bagaimana pengguna menyimpan API Key mereka, tampilan antarmuka jawaban yang harus dikembangkan lagi, dan lain sebagainya.

Magang : Nabiel Mumtaz Zaydane Firdaus

(brl/red)