Telkom metaNesia gandeng Microsoft Azure percepat digitalisasi Indonesia

Telkom metaNesia gandeng Microsoft Azure percepat digitalisasi Indonesia

Techno.id - Baru-baru ini Telkom Indonesia memperkuat kolaborasi dengan Microsoft dalam mempercepat digitalisasi Indonesia. Caranya dengan membawa metaNesia ke tahap selanjutnya bersama Azure Media Services.

Nah solusi Azure ini bakal meningkatkan kemampuan metaNesia besutan Telkom Indonesia dalam menjembatani dunia digital dan fisik dengan menyediakan tools serta platform yang memberdayakan orang untuk berkolaborasi, berkomunikasi, bermain, berinovasi, dan belajar di lingkungan imersif, seraya menempatkan keamanan dan privasi.

Telkom metaNesia gandeng Microsoft Azure percepat digitalisasi Indonesia foto: metanesia

"Bersama Microsoft, kami akan terus membuka lebih banyak peluang digital di Indonesia dan mempercepat transformasi digital dalam negeri, guna menciptakan kedaulatan digital di Indonesia, ujar Anton Pramono, Principal Expert, Group of Learning Expert, Innovation & Research, Telkom Corporate University Center.

Dengan memanfaatkan fitur lengkap Azure Media Services, metaNesia kini dapat meningkatkan kualitas performa serta discoverability konten audio maupun video yang dibangun di metaNesia. Polanya dengan mengekstrak metadata lanjutan secara otomatis, mendukung distribusi konten modern dengan ekstensi media yang terenkripsi, memberikan pengalaman streaming cloud yang semakin kaya dan adaptif, serta melakukan skalabilitas sesuai kebutuhan.

Telkom metaNesia gandeng Microsoft Azure percepat digitalisasi Indonesia foto: metanesia

Kemampuan ini tidak hanya akan memberdayakan lebih dari 20 organisasi dan institusi yang telah menggunakan layanan metaNesia, tetapi juga 76 kreator individual di metaNesia untuk mencapai lebih. Hal ini akan menambah daftar panjang 300 koleksi konten imersif yang telah dibangun di metaNesia sejak platform ini didirikan pada Agustus 2022.

Penggunaan Azure Media Services hanyalah tahap pertama kolaborasi metaNesia dengan Microsoft Indonesia. Kedua organisasi akan terus mengeksplor kolaborasi lain untuk membawa inovasi Azure ke metaNesia, termasuk kemampuan kecerdasan buatan Azure.

[crosslink_1]

(brl/red)