Windows 10 tidak akan mendapatkan fitur baru lagi, saatnya beralih ke Windows 11

Windows 10 tidak akan mendapatkan fitur baru lagi, saatnya beralih ke Windows 11

Techno.id - Microsoft secara resmi menghentikan pembaruan fitur untuk seluruh edisi Windows 10 baik edisi enterprise, education, home, ataupun pro. Setelah ini, Windows 10 tidak akan lagi mendapatkan fitur-fitur baru.

Menurut tulisan blog techcommunity microsoft, Windows 10 versi 22H2 yang rilis pada Oktober 2022 akan menjadi versi final dari Windows 10. Kendati demikian, Microsoft tetap akan memberikan pembaruan bagi pengguna Windows 10 setidaknya sampai 2025. Menurut dokumentasi yang terdapat di learn.microsoft, seluruh edisi Windows 10 22H2 akan diberikan dukungan sampai 14 Oktober 2025.

Dukungan tersebut seperti pembaruan keamanan atau perbaikan bug. Microsoft juga menyarankan pelanggan untuk segera beralih ke sistem operasi terbaru mereka, Windows 11 karena dihentikannya dukungan untuk Windows 10 ini.

Windows 10 tidak akan mendapatkan fitur baru lagi, saatnya beralih ke Windows 11 foto: news.microsoft.com

Berhentinya dukungan untuk Windows 10 tentunya memberikan dampak positif dan negatif bagi para pengguna sistem operasi ini. Dampak positifnya tentu pengguna diharuskan untuk menggunakan Windows 11 yang tentu akan memiliki dukungan yang lebih lama.

Dampak negatif dari kabar ini tentu adalah pengguna dipaksa untuk beralih ke Windows 11. Padahal, Windows 11 memiliki spesifikasi hardware minimal yang tinggi selain juga diharuskannya Trusted Platform Module (TPM) dalam instalasi Windows 11. Hal tersebut tentunya akan menyebabkan PC atau laptop lama tidak dapat menjalankan Windows 11 karena tidak memenuhi spesifikasi minimal.

Dihentikannya pembaruan Windows 10 nyatanya tidak dibarengi dengan respons positif dari pengguna Windows 10. Sebaliknya, pengumuman tersebut malah banyak terdapat komentar negatif.

Magang : Nabiel Mumtaz Zaydane Firdaus

(brl/red)