Microsoft persiapkan Windows Copilot, asisten virtual berbasis AI untuk Windows 11

Microsoft persiapkan Windows Copilot, asisten virtual berbasis AI untuk Windows 11

Techno.id - Microsoft semakin agresif menghadirkan berbagai platform berbasis AI untuk penggunanya. Kali ini mereka berhasil mengembangkan teknologi kecerdasan buatan dengan nama Windows Copilot. Nantinya teknologi ini akan diterapkan dalam operasi Windows 11.

Teknologi Windows Copilot nantinya mempunyai skema serupa dengan yang ada di Edge, Office, dan GitHub meski tetap ada perbedaan. Nantinya Copilot dapat diintegrasikan secara mendalam di Windows 11. Kemudian platform AI ini bisa digunakan secara langsung dari taskbar di berbagai aplikasi yang sedang dibuka pengguna.

Head of Windows and Devices Microsoft Panos Panay dalam laman resmi Microsoft menjelaskan sidebar Windows Copilot akan tampil secara konsisten di semua aplikasi, program, dan Windows. Platform ini berfungsi sebagai asisten pribadi pengguna.

Microsoft persiapkan Windows Copilot, asisten virtual berbasis AI untuk Windows 11 foto: microsoft.com

Lantas bagaimana dengan kemampuan teknologi AI Copilot bentukan Microsoft ini? Berikut techno.id sajikan ulasannya yang dihimpun dari berbagai sumber. Fungsi utama Windows Copilot adalah meringkas konten dari sebuah aplikasi yang sedang dibuka pengguna.

Copilot mampu menuliskan ulang konten tersebut secara ringkas, bahkan dapat menjelaskannya secara simple. Pengguna nantinya akan dimanjakan dengan interface dari Copilot. Pasalnya Microsoft mendesain platform AI agar menampilkan seperti dialog yang ada di Bing Chat.

Copilot yang diterapkan di dalam Windows 11 nantinya tidak akan menggantikan search bar bawaan. Platform AI ini mempunyai fungsi dan cara mengakses yang berbeda. Copilot bisa dibilang lebih mirip dengan Cortana, tetapi mempunyai kemampuan berkali lipat lebih canggih.

Microsoft menyebutkan bahwa Copilot akan menjadi asisten virtual baru untuk para pengguna Windows. Dengan platform ini, diharapkan pengguna bisa makin produktif dan mendapatkan kenyamanan dalam pemakaian sistem operasi Windows. Apalagi ketika Copilot aktif, pengguna dapat melakukan berbagai hal seperti menanyakan aneka pertanyaan yang biasa di-generate ke Bing maupun Google Search.

Nantinya Copilot dapat diakses melalui menu sidebar yang tampil di bagian sebelah kanan layar. Tampilan sidebar mirip dengan beberapa aplikasi seperti Edge dan Microsoft Office. Lebih lanjut, berkat integrasi dilakukan ke dalam Windows 11, Copilot bisa melakukan berbagai fungsi kontrol dan akses ke berbagai fitur yang ada di Windows 11.

Platform AI tersebut bisa melakukan pengaturan seperti volume komputer, mengubah tampilan menjadi gelap, screenshot, mengganti wallpaper, membuka menu taskbar, dan masih banyak lagi.

Copilot di Windows 11 nantinya juga mempunyai kapasitas lebih eksklusif. Pasalnya platform AI ini dapat mendukung sejumlah plugin dari berbagai aplikasi atau software populer, seperti Spotify, Microsoft Office, Edge, Bing, hingga ChatGPT. Artinya pengguna bisa melakukan berbagai aktivitas multitasking digital hanya melalui sidebar Copilot saja.

Microsoft akan menghadirkan Copilot pada Juni 2023. Namun sayangnya platform berbasis AI ini hanya dapat digunakan secara terbatas pada saat perilisannya. Namun Microsoft menjanjikan akan merilis Copilot untuk pengguna Windows 11 sesegera mungkin.

(brl/red)