5 Tips meningkatkan kecepatan hotspot iPhone, sangat berguna saat kamu traveling bersama teman    

5 Tips meningkatkan kecepatan hotspot iPhone, sangat berguna saat kamu traveling bersama teman    

Techno.id - Berbagi akses internet melalui hotspot sudah menjadi kelaziman bagi beberapa orang. Terlebih saat mereka melakukan perjalanan. Biasanya, orang dengan jumlah kuota internet yang lebih banyak bisa berbagi akses internet.

Kecepatan internet akan sangat bergantung pada penyedia layanan. Namun kamu bisa membuat membuat hotspot iPhone lebih cepat. Berikut beberapa tips yang bisa kamu coba ikuti.

1. Dekatkan iPhone

5Tips meningkatkan kecepatan hotspot iPhone, sangat berguna saat kamu traveling bersama teman foto: freepik

Sinyal Wi-Fi dapat melemah karena harus melewati logam, air, dan benda fisik lainnya, seperti dinding dan furnitur yang padat. Selain itu, perangkat elektronik seperti oven microwave dapat mengurangi kecepatan Wi-Fi hingga setengahnya.Dalam pengaturan tertentu, hotspot selular iPhone memancarkan frekuensi 2,4 GHz yang sama dengan oven microwave.

Meskipun sinyal Wi-Fi tradisional dapat ditingkatkan dengan extender untuk mengurangi titik lemah, kebanyakan orang tidak akan membawa alat ini untuk hotspot ponsel mereka. Namun, salah satu cara cepat dan mudah untuk mengurangi kemungkinan gangguan dari lingkungan adalah dengan mendekatkan hotspot selular kamu ke perangkat yang ingin kamu sambungkan.

2. Setel ulang koneksi jaringan

5Tips meningkatkan kecepatan hotspot iPhone, sangat berguna saat kamu traveling bersama teman foto: freepik/whatwolf

Dalam beberapa kasus, kecepatan hotspot yang lambat mungkin disebabkan koneksi data yang buruk. Bergantung pada bagaimana kamu memutuskan untuk menyambungkan iPhone ke perangkat lain, masalahnya mungkin ada pada penerima, kabel sambungan, dan sebagainya. Jika kamu menduga hal ini mungkin terjadi, kamu dapat memilih untuk mengatur ulang koneksi jaringan.

3. Nonaktifkan koneksi yang tidak digunakan

5Tips meningkatkan kecepatan hotspot iPhone, sangat berguna saat kamu traveling bersama teman foto: freepik

Ada kemungkinan perangkat Bluetooth yang berada di dekat perangkat pemancar Wi-Fi, seperti router atau ponsel, dapat menyebabkan gangguan atau masalah kinerja. Mengetahui hal ini, mungkin saja menghapus perangkat Bluetooth yang tidak digunakan, termasuk yang terhubung ke iPhone, dari sinyal kamu dapat membantu meningkatkan kinerja.

Selanjutnya, kamu dapat mencoba mengurangi jumlah perangkat yang terhubung ke hotspot iPhone. Untuk melakukannya, kamu dapat meminta orang yang tidak menggunakan koneksi untuk memutuskan sambungan perangkat mereka jika tidak menggunakannya.

Sebab perangkat yang terhubung ke hotspot iPhone kamu sebelumnya, dapat terhubung kembali secara otomatis saat berada dalam jarak dekat. Tidak seperti di beberapa ponsel Android, kamu juga tidak dapat memutuskan sambungan satu perangkat secara selektif dari hotspot iPhone. Artinya, kamu hanya memiliki opsi untuk mematikan hotspot untuk semua perangkat yang terhubung sekaligus.

4. Gunakan fitur maksimalkan kompatibilitas

5Tips meningkatkan kecepatan hotspot iPhone, sangat berguna saat kamu traveling bersama teman foto: freepik

Menurut Apple, hotspot pribadi menggunakan koneksi 5GHz secara default, yang memberikan kecepatan yang relatif lebih cepat, tetapi dengan jangkauan yang lebih pendek. Seringkali, 5GHz adalah frekuensi yang disarankan untuk orang yang bermain game online, streaming film definisi tinggi.

Meskipun ini bagus jika perangkat yang kamu coba sambungkan kompatibel dengan 5GHz, kenyataannya adalah beberapa perangkat pintar atau ponsel lama tidak dapat menggunakan frekuensi ini.

Jika kamu mencoba berbagi data selular dengan grup yang sedikit tersebar dalam hal ruang atau memiliki perangkat lama yang tidak mendukung 5GHz, kamu dapat mengaktifkan fitur Maksimalkan Kompatibilitas untuk memberi mereka akses internet. Dengan mengaktifkan Maksimalkan Kompatibilitas, yang tersedia untuk model iPhone 12 atau yang lebih baru, kamu dapat mengembalikan hotspot selular iPhone ke 2,4 GHz, yang lebih kompatibel dengan perangkat yang lebih luas. Begini cara melakukannya.

1. Buka aplikasi Pengaturan

2. Ketuk Selular > Hotspot Pribadi.

3. Di samping Maksimalkan Kompatibilitas, aktifkan tombol.

5. Pantau penggunaan data

5Tips meningkatkan kecepatan hotspot iPhone, sangat berguna saat kamu traveling bersama teman foto: freepik/zaozaa09

Jika kamu menggunakan hotspot saat liburan dengan semua orang yang terhubung selama perjalanan, kamu mungkin telah melampaui batas kuota data untuk bulan tersebut. Ketika ini terjadi, beberapa penyedia layanan mungkin mulai membebankan biaya tambahan kepada kamu atau mulai membatasi koneksi kamu.

Untuk menghindarinya, kamu dapat memeriksa penggunaan data secara rutin dan memastikan anggaran yang sesuai. Untuk memeriksanya, berikut caranya.

1. Buka Pengaturan.

2. Ketuk Selular.

3. Di bawah Data Seluler, periksa Periode Saat Ini.

4. Di bagian ini, kamu juga dapat melihat aplikasi mana yang paling banyak menghabiskan data, termasuk berapa banyak yang kamu konsumsi menggunakan hotspot selular pribadi.

5. Jika kamu tidak ingin lagi memberikan akses ke internet kepada aplikasi tertentu, kamu dapat mematikan tombol di sebelah nama aplikasi atau menghapus aplikasi sepenuhnya. Selain itu, jika kamu kesulitan mengingat nomor sebelumnya, kamu dapat menggulir ke bawah dan mengetuk Setel Ulang Statistik.

(brl/red)