Microsoft luncurkan Teams Play Together, tools untuk kumpul bareng sambil main game secara virtual

Microsoft luncurkan Teams Play Together, tools untuk kumpul bareng sambil main game secara virtual

Techno.id - Microsoft baru saja merilis aplikasi pendamping, Microsoft Teams Play Together yang kini tersedia di Microsoft Store. Alat baru ini memungkinkan para gamer berkumpul, menonton, dan bermain game bersama secara real-time.

Dengan menggunakan alat ini, pengguna dapat melakukan screenshare gameplay melalui Microsoft Teams saat bermain di PC Windows 10 atau 11, dengan versi minimum Windows 10 versi 17763.0 atau lebih tinggi (x86 dan x64).

Dalam keterangan deskripsi yang disampaikan Microsoft disebutkan bahwa Xbox Game Bar dan Microsoft Teams berkolaborasi sehingga pengguna memiliki tempat untuk berkumpul sambil nonton dan bermain game.

Microsoft luncurkan Teams Play Together, tools untuk kumpul bareng sambil main game secara virtual foto: microsoft

Untuk menggunakan alat ini pengguna harus membuat atau masuk ke akun Microsoft pribadi untuk mendapatkan widget Teams Play Together. Pengguna juga bisa membagikan permainan melalui Teams saat bermain di PC Windows 11. Bahkan mereka dapat meneruskan percakapan dengan panggilan video yang akan dilihat melalui hamparan video di Game Bar.

Boleh jadi alat baru ini sebagai jawaban dari upaya Microsoft yang lebih dari dua tahun lalu membuat langkah berani dengan mengakuisisi Discord, platform chatting game yang cukup popular. Kesepakatan yang diklaim bernilai setidaknya USD10 miliar (atau sekitar Rp152,8 triliun) tersebut awalnya bakal memberi Microsoft pijakan utama dalam komunitas game. Namun kesepakatan itu akhirnya gagal. Hal gtersebut membuat strategi game Microsoft masih perlu diperbaiki.

Microsoft luncurkan Teams Play Together, tools untuk kumpul bareng sambil main game secara virtual foto: microsoft

Karena itu Microsoft melakukan upaya lain untuk membuat game lebih mudah diakses di platform Windows dengan mengintegrasikan fitur-fitur game ke dalam Microsoft Teams. Belum lama ini, raksasa teknologi yang berbasis di Redmond ini juga dilaporkan sedang mengerjakan mode gaming baru untuk browser Edge yang disebut Edge for Gamers, meskipun namanya sampai saat ini belum jelas.

Karena itu Teams Play Together disebut-sebut sebagai upaya Microsoft untuk memanfaatkan tren game sosial dan tempat nongkrong virtual yang sedang berkembang, di mana para pemain bisa bermain game, bersosialisasi, dan berinteraksi dengan teman-teman mereka. Apalagi dengan alat ini, hingga 20 teman dapat bergabung dalam panggilan secara bersamaan, dan obrolan dapat dilanjutkan bahkan setelah sesi bermain game berakhir.

(brl/red)