Sekarang kamu bisa memperbaiki sendiri kontroler Xbox, Microsoft sediakan suku cadang

Sekarang kamu bisa memperbaiki sendiri kontroler Xbox, Microsoft sediakan suku cadang

Techno.id - Salah satu alat konsol game yang sering mengalami kerusakan adalah pengontrol (controller). Nah buat kamu pengguna Xbox ada kabar baik nih. Sekarang, Microsoft menawarkan suku cadang buat kamu yang ingin memperbaiki sendiri pengontrol Xbox, khususnya untuk pengontrol nirkabel dan Elite Wireless Controller Seri 2. Kedua model ini memiliki pilihan komponen yang sama, termasuk casing atas, tombol, papan sirkuit, dan rakitan motor.

Sebagai informasi, Microsoft menjual kontroler standar yang dirilis pada 2020 bersama Xbox Series S dan X, dengan harga antara USD50 (sekitar Rp 758 ribuan) dan USD80 (sekitar Rp 1,2 mjutaan) tergantung pada versinya. Sementara untuk versi Elite Series 2 dibanderol mulai dari USD130 (sekitar Rp 1,9 jutaan) dan naik menjadi USD180 (sekitar Rp 2,7 jutaan) jika kamu menginginkan versi dengan semua tombol dan aksesori stik.

Tentu saja jika kontroler kamu rusak dan harus membeli baru, maka kamu harus menyediakan bujet yang cukup besar. Nah sekarang, kamu bisa berhemat karena Microsoft menawarkan suku cadang untuk perbaikan DIY.

Seperti dilansirlaman resmi Microsoft, suku cadang model dasar dibanderol sedikit lebih murah. Misalnya untuk PCBA dan rakitan motor getaran seharga USD60 (sekitar Rp 910 ribuan) untuk pengontrol Elite dan USD35 (sekitar Rp 531 ribuan )untuk model dasar.

Microsoft baru-baru ini juga meluncurkan halaman suku cadang perbaikan dan penggantian Xbox di Microsoft Store, yang mencakup hampir semua suku cadang yang dibutuhkan gamer untuk pengontrol Xbox mereka. Pengguna dapat mengunduh panduan tersebut untuk memperbaiki kontroler mereka, yang dapat diakses melalui direktori bantuan Hardware & networking Microsoft.

Pengguna juga dapat menyaksikan video panduan di kanal YouTube desain layanan Microsoft, Colin Ravenscroft tentang perbaikan kontroler. Meskipun video ini berfokus pada Elite Wireless Series 2, sebagian besar instruksi juga dapat diterapkan pada kontroler standar.

(brl/red)